Gua menjadi salah satu destinasi favorit para penjelajah alam. Tapi, tidak lengkap kalau belum menjelajah Mammoth Cave di Kentucky, AS. Dalam gua ini, wisatawan akan diajak menjelajah perut bumi dengan jalur sepanjang 627,6 km.


Sudah bukan rahasia kalau planet Bumi ini punya banyak keajaiban dan pesona alam yang memukau. Salah satu keindahan alam yang paling menarik adalah Mammoth Cave National Park. Di destinasi ini, pelancong akan diajak untuk menikmati keindahan gua dan perut bumi dengan arsitektur alam yang masih sangat alami.

Mammoth Cave berada di tengah Negara Bagian Kentucky, Amerika Serikat. Mengutip situs National Park Services, Mammoth Cave National Park masih mempertahankan sistem gua yang alami. Mammoth Cave juga ditetapkan sebagai gua terpanjang di dunia, dengan lebih dari 390 mil atau sekitar 627,6 km. Tapi, tidak semua jalur dijelajahi sekaligus, wisatawan bisa memilih mau mencoba jalur yang mana.

Tidak hanya melihat bebatuan stalaktit dan stalakmit, di dalam gua pelancong juga bisa mengayuh perahu di Green River. Selain itu, di ujung perjalananan gua ini akan membawa traveler pada keindahan perbukitan yang berada di sebelah selatan Kentucky.


Dengan panorama yang masih alami, pada Oktober 1981 Mammoth Cave masuk sebagai situs warisan dunia dan cagar biosfer internasional. Banyak atraksi yang bisa wisatawan temukan di dalam gua ini. Beberapa fitur utama gua, seperti Grand Avenue, Frozen Niagara, and Fat Man's Misery, bisa Anda lihat dan temukan selama perjalanan.

Keindahan dalam Mammoth Cave terbentuk dari lapisan batu pasir. Bila Anda memperhatikan dengan detil, perjalanan di perut bumi ini berbentuk seperti labirin raksasa. Wisatawan harus mengikuti jalur yang sudah disediakan oleh pengelola.

Cahaya-cahaya lampu yang redup berusaha menerangi setiap langkah pelancong. Tidak hanya sebagai penerang, cahaya lampu tersebut juga membuat tekstur dinding, stalagmit, dan stalagtit gua terlihat semakin eksotis.

Dalam perjalanan bawah tanah ini, wisatawan harus didampingi oleh pemandu wisata. Menyusuri jalur gua yang gelap tak jarang menimbulkan kesan seram. Selama perjalanan, selain lampu-lampu yang ada di dalam gua, pelancong juga dibekali dengan lampu parafin.


Banyak hal yang bisa traveler temukan dan lakukan dalam perjalanan ini. Bahkan beberapa dari pelancong yang masih berstatus sebagai pelajar sengaja datang ke Mammoth Cave untuk melakukan penelitian ataupun kepentingan lainnya.

Selain menjelajah perut bumi, traveler bisa berkemah, trekking, dan Echo River Tour atau menjelajah sungai bawah tanah yang berada di dalam Mammoth Cave. Perlu Anda tahu, kalau Mammoth Cave National Park punya jalur perjalanan yang melalui hutan perbukitan Kentucky. Traveler bisa menempuh jalur ini dengan berjalan kaki, menunggangi kuda, dan bersepeda.

Belum berhenti di situ, di sini juga ada jalur yang mengarah ke tempat-tempat khusus, seperti Cedar Sink, Sand Cave, dan Turnhole Bend. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, wisatawan bisa bertanya kepada pemandu, mulai dari formasi gua, sejarah gua saat kini dan sebelum prasejarah.

3 comments :

  1. baru tahu ada goa sepanjang ini, saya lebih suka pemandangan pegunungan, hutan termasuk goa dibanding pantai, tapi sepertinya goa ini sudah ditata rapi ya mas, jalan yang terlihat disini sudah begitu rapi dan rata

    ReplyDelete
  2. wah,, bisa jadi destinasi wisata yg seru .. thx infonya

    ReplyDelete
  3. Ternyata ada gua yang panjangnya sampai 6276 km ..
    Trima kasih infonya ..

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"