Petualang Unik - Kota Reutlingen di Jerman memiliki obyekwisata unik, yaitu jalan tersempit di dunia. Bagaimana tak sempit, orang dewasadan anak-anak harus memiringkan badan melewati jalan ini lantaran lebarnya cuma30 centimeter.


Surat kabar the Daily Mail melaporkan, jalanbernama Spreuerhofstrasse itusekilas mirip gang sempit di seputaran Jakarta. Dua sisi tembok perumahan hanyamenyisakan sedikit ruang untuk berjalan. Di ujung jalan, ada tulisan dalambahasa Jerman dan Inggris menyatakan inilah jalan tersempit sedunia.

Tanja Ulmer, Kepala Kantor Pariwisata KotaReutilingen, sangat bangga dengan keberadaan jalan yang menyulitkan orang lewatitu. "Walau remeh, warga kota ini selalu menganggap jalan itu simbolkami," kata dia.


Jalur sempit sepanjang empat meter inibenar-benar berfungsi sebagai penghubung antar distrik. Statusnya pun resmijalan milik negara. Kabarnya Spreuerhofstrasse sudah ada sejak puluhan tahunlampau, tetapi baru diakui lembaga rekor dunia Guinnes pada 2007 lalu.

Namun, pemerintah ibu kota Provinsi Swabia,Jerman, sedang pusing. Jalan unikini terancam keberadaannya lantaran rembesan pipa air membuat tembok rumah disepanjang jalan itu semakin menyempit dan rapuh.

Pemerintah kota sedang berupaya menghentikanpenyempitan kedua sisi tembok di jalan itu yang risikonya bisa membuat obyekwisata unik ini tamat riwayatnya. "Sebuah jalan mustahil disebut jalanapabila siapapun tidak bisa melewatinya," kata Ulmer.

2 comments :

  1. Terima kasih telah berbagi info, ini bisa menjadi objek wisata yang unik

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"