Petualang Unik - Buah jeruk memang berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara, namun beragam jenisnya dapat ditemukan di hampir seluruh dunia. Buah yang banyak digemari ini memiliki kesegaran yang khas dan kandungan yang kaya manfaat. Sebut saja manfaat untuk beragam pengobatan, aroma, hingga bahan pangan.


Namun, manfaat dari jeruk tak hanya berasal dari buahnya. Kulit jeruk yang biasanya hanya berakhir sebagai limbah, ternyata memiliki beragam manfaat yang dapat diraih dengan mudah. Tiga manfaat kulit jeruk berikut dapat langsung Anda aplikasikan di rumah tanpa membutuhkan pengolahan khusus.

Membersihkan noda
Sering mengalami noda kopi atau teh yang berkerak pada cangkir? Jangan buru-buru kesal, coba bersihkan noda dengan menggosokkan kulit jeruk. Banyaknya produk pencuci piring yang menggunakan bahan dasar jeruk, pada dasarnya dikarenakan asam sitrat yang terkandung di dalamnya memang dikenal ampuh membersihkan noda. Anda juga dapat membubuhkan sedikit garam halus di kulit jeruk sebelum menggosoknya pada cangkir. Jangan digosok terlalu kencang, ya, agar tidak meninggalkan goresan.

Menghaluskan tumit
Kandungan vitamin C pada jeruk berkhasiat untuk menyegarkan kulit. Namun selain itu, kandungan asam dan garamnya pun bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Maka jika kulit tumit Anda kasar dan pecah-pecah, percepat proses pengelupasan dengan menggosok kulit jeruk ke permukaan kulit.

Pewangi natural
Jika Anda menyantap jeruk sebagai hidangan pencuci mulut di rumah, jangan dulu membuang kulitnya. Masakan dengan bau menyengat dapat meninggalkan aroma kurang sedap di wastafel Anda. Maka setelah acara makan besar keluarga, kumpulkan kulit jeruk dan taruh beberapa potongannya di saringan pembuangan wastafel. Aroma jeruk yang segar pun akan menyeruak di dapur Anda.

Bila ingin mencopy-paste artikel ini berika sumber copy-paste nya ya sobat, salam Petualang Unik

4 comments :

  1. Thanks atas infonya kak, brmanfaat bnget bgi saya ;)

    ReplyDelete
  2. kalo saya lebih sering buat pewangi natural tuh sob,,,hehehe....

    ReplyDelete
  3. yg kita fikir sampah trnyata pnya manfaat, thx infonya

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"