Petualang Unik - Seiring bertambahnya usia, semakin tinggi risiko gangguan pada otak yang memicu penyakit Alzheimer, Parkinson, atau hanya pikun biasa. Namun semua itu bisa dicegah jika Anda tetap rajin melakukan latihan terhadap otak.


Anda pun tidak perlu susah payah membeli gadget pelatihan otak yang harganya mahal dan tidak terjangkau. Sebab dengan rajin menulis surat atau membaca koran setiap hari, Anda akan membuat otak tetap aktif dan menghindarkan diri dari risiko pikun.

Hal itu disampaikan langsung oleh peneliti dari Rush University Medical Center, Chicago. Salah satu peneliti, Dr Konstantinos Arfanakis, bahkan menyebutkan kalau aktivitas kognitif membuat kesehatan mental tetap terjaga meskipun Anda tidak lagi muda.

"Membaca koran, menulis surat, pergi ke perpustakaan, atau main catur dan kartu adalah kegiatan sederhana yang mampu menjaga kesehatan otak," terang Dr Arfanakis, seperti yang dikutip dari Daily Mail.

Penelitian tersebut tepatnya melibatkan 152 lansia dengan rata-rata usia 81 tahun. Mereka semua tidak menderita demensia dan ditanyai tentang aktivitas apa saja yang dilakukan selama tahun lalu.

Di antara responden, ada sebagian orang yang melakukan aktivitas seperti membaca koran dan majalah, menulis surat, serta bermain kartu. Mereka kemudian menjalani scan untuk mengamati molekul air yang melewati otak.

Terbukti bahwa pada otak yang sehat, molekul tidak mampu bergerak bebas di dalamnya. Hal itu merupakan indikasi bahwa otak masih aktif dan sehat karena latihan kognitif yang sering dilakukan.

Jadi, Anda sebaiknya juga tidak malas untuk melakukan hal-hal yang sudah disebutkan di atas. Sebab selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga dengan baik bukan?

7 comments :

  1. Benar sekali dengan semakin sering membaca dan menulis mengurangi kepikunan, saya sendiri merasakannya.

    ReplyDelete
  2. Artikel yang sangat membangun ,,

    ReplyDelete
  3. thx onfonya , semoga bisa bermanfaat

    ReplyDelete
  4. terima kasih atas info yang sudah dibagi, sangat menambah pengetahuan

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"