Petualang Unik - Untuk mengawasi kualitas air di California,Amerika Serikat, sebuah tim telah mengembangkan robot khusus. Robot ini tidakhanya bisa berenang di air, tapi juga dikembangkan untuk mengirimkan tweettemuannya. Dengan menggunakan Jaringan Sensor Terapung, peneliti University of California, Berkeleyini mengukur kualitas air. Jaringan ini merupakan pendekatan baru untukmengukur kualitas air.


Lokasi mengirim laporan ke unit mobile yangdapat memantau berbagai lokasi. Sistem pemantauan air ini dapat digunakandi lingkungan muara maupun sungai, sertadapat diintegrasikan ke dalam infrastruktur pemantauan air yang ada. Menurut Treehugger.com, tim yang dipimpin olehAlexandre Bayen dari Information Technology Research Interest of Society(CITRIS) melepas 100 robot ke Sungai Sacramento pada 9 Mei lalu.

Sistem sungai Sacramento-San Joaquin memegangdua pertiga dari keseluruhan air tawar dalam kawasan tersebut. Sebagian besarpenduduk California memanfaatkannya sebagai air minum dan pasokan irigasi. Pengendalian dengan robot memberikan pemahamanyang lebih dinamis dan rinci tentang keadaan air sungai. Robot tersebutdilengkapi dengan unit GPS, mengambang, dan bergerak bebas di air denganbaling-baling. Bahkan, robot-robot tersebut menggunakan Twitter untukmelaporkan apa yang mereka menemukan, dengan akun @fsnandroid61.

Untuk saat ini, robot terbaru yangdirilis mengukur aliran salinitas dan pencemaran air. Robot versi selanjutnyadapat dimodifikasi untuk menguji berbagai bahan kimia. Akan dirilis pula robotyang berfungsi menghadapi situasi darurat, seperti kegagalan tanggulatau tumpahan zat pencemar. Robot tersebut bertugas untuk memberikan rincianapa yang terjadi secara real-time.

2 comments :

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"