Batik Pekalongan berasal dari daerah Pekalongan Jawa Tengah, dimana batik yang mempunyai corak yang khas dan beraneka warna atau kaya warna sekarang sudah menjadi pekerjaan utama atau nafas hidup penduduk pekalongan.  Bisa kita katakan bahwa batik ini sudah mendunia dan menjadi salah satu warisan budayaIndonesia.


Menurut sejarah Batik Pekalongan mulai muncul sejak jaman kerajaan Mataram sekitar tahun 1800 an, walaupun itu tidak pasti kemunculannya. Karena pada jaman kerajaan Mataram ada beberapa bangsa luar seperti Bangsa Cina yang datang sehingga corak baju batik Pekalongan banyak dipengaruhi oleh kebudayaan bangsa-bangsa tersebut.

Karena Batik Pekalongan banyak dikerjakan dirumah-rumah maka maka sebagian besar penduduk pekalongan sudah mempunyai mata pencaharian sendiri sehingga kemakmuran terjadi. Dan mereka mengerjakan Batik pekalongan tersebut sebagian besar secara tradisional tapi ada pula yang memakai tehnologi bagi yang bermodal besar, kalaupun mereka yang hanya bermodal kecil  namun mereka tetap berkarya di rumah-rumah.


Seiring dengan berkembangnya jaman, Batik Pekalongan juga berkembang sangat pesat dan terkenal sampai sekarang sehingga Pekalongan disebut Kota Batik dimana ada macam-macam batik lainnya yang berasal dari daerah lain (pula misalnya Batik Yogya, Batik Solo, Batik Madura dan lain-lain). Perkembangannya tersebut juga mempengaruhi corak dan warna yang disesuaikan dengan peminat baju batik Pekalongan. Tapi Batik Pekalongan tetap menggunakan cat atau pewarna alami. Diantaranya yaitu batik sarimbit tulis  tapi ada juga batik cap. Yang kebanyakan sekarang dikerjakan oleh industry kecil dan menengah.

6 comments :

  1. yah betul batik pekalongan memang terkenal dengan bahan pembuatan corak batik nya yang sangat alami

    ReplyDelete
  2. Selamat pagi... Anda ingin membuat batik tulis, cap, sablon maupun print motif pada tekstil? Anda bisa memesannya di fitinline.com Fitinline.com adalah portal khusus untuk kreasi baju dan produk fashion lainnya.

    ReplyDelete
  3. oh jadi begitu ya gan, asal usulnya batik pekalongan itu..

    ReplyDelete
  4. saya pengen beli batik pekalongan langsung dari pekalongannya hehee

    ReplyDelete
  5. Batik Pekalongan ialah salah-satu batik yang di kenal khalayak luas warga Indonesia, karena kualitasnya yang baik.

    ReplyDelete
  6. Jadi kepingin belajar membatik nih hehe
    Hasilnya bisa di gunakan sendiri atau bahkan di jual untuk menambah penghasilan.

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"