Petualang Unik - Sejumlah pakar geologi Polandia berhasil menggali meteor terbesar yang pernah ditemukan di Eropa Barat. Mereka berharap temuan itu bisa membantu mereka mengungkap komposisi inti Bumi.


"Kami tahu inti Bumi terdiri dari besi, tetapi kami tidak bisa menyelidikinya. Kini kami memiliki tamu dari luar angkasa yang mempunyai struktur yang sama dan kami bisa dengan mudah mempelajarinya," kata Profesor Andrzej Muszynski di Poznan, Polandia Barat, Rabu (31/10) ketika mengumumkan temuan itu ke publik, "Temuan ini bisa memperluas wawasan kita tentang asal-muasal alam semesta," sambung geolog itu.

Dua orang pemburu meteor menemukan batu berbentuk kerucut, berbobot 300 kilogram itu, dan berdiameter 2 meter itu akhir bulan lalu. Meteor yang sebagian besar terdiri dari zat besi itu tertanam dua meter di dalam tanah di Taman Meteor Nasional Morasko, di utara Poznan.

Mereka menggunakan alat elektronik untuk mendeteksi anomali elektromagnetik pada permukaan tanah.

"Hingga kini, ini adalah temuan terbesar di Eropa bagian barat," kata Profesor Wojciech Stankowski, salah satu peneliti yang juga meneliti batuan luar angkasa itu.

Sementara itu geolog lain dari Adam Mickiewicz Universitu di Poznan, yang juga mempelajari meteor itu, memperkirakan meteor itu jatuh di Bumi sekitar 5000 tahun lalu. Meteor itu sebagian besar terdiri dari besi dan sebagian kecil lagi nikel.

Taman Meteor Nasional Morasko terletak di utara Poznan dan mempunyai tujuh kawah. Kawah terbesar mempunyai diameter 100 meter dan kedalaman 11 meter. Para ilmuwan yakin situs itu terbentuk 5000 tahun lalu oleh meteor yang menabrak Bumi.

1 comment :

  1. wah, bisa jadi pusat perhatian dunia nih !!
    thx buat infonya

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"