Petualang Unik - Cuaca di musim hujan tidak hanya membuat badan menggigil kedinginan, tetapi juga membawa banyak ancaman bagi kesehatan. Ancaman berbagai penyakit perlu diwaspadai karena lebih mudah menyerang tubuh saat cuaca sedang tidak bersahabat.


Beberapa penyakit yang sering mengancam tubuh saat cuaca dingin antara lain sebagai berikut


1. Asma
Awal-awal musim hujan merupakan masa paling rentan terhadap serangan asma mengingat suhunya tidak menentu dan cenderung sangat dingin. Di beberapa rumah sakit seperti RS Paru Persahabatan, angka kekambuhan asma terbukti mengalami peningkatan pada musim-musim dengan curah hujan tinggi.

2. Depresi
Tidak berlebihan jika seseorang mendadak sedih ketika turun hujan, sebab cuaca dingin bisa memicu seasonal affective disorder (SAD) atau gangguan mood musiman. Selain memicu depresi kalau tidak tertangani, SAD juga membawa risiko lain berupa peningkatan berat badan karena nafsu makan cenderung meningkat saat bad mood.

3. Flu dan pilek
Sama halnya dengan cuaca terik, cuaca dingin juga bisa membuat daya tahan tubuh melemah sehingga lebih rentan terhadap infeksi kuman. Karenanya, virus flu maupun kuman lainnya mudah sekali menyerang saluran napas pada musim-musim hujan ketika temperatur udara cenderung dingin.

4. Diare
Secara langsung, cuaca dingin tidak memicu diare yang sifatnya spesifik atau dipicu oleh infeksi kuman. Namun karena cuaca dingin sering muncul pada musim hujan ketika sering terjadi banjir, maka kualitas air dan kebersihan secara umum yang buruk sangat mungkin memicu infeksi saluran pencernaan. Oleh karena itu, diare sering muncul pada musim hujan ketika cuacanya cenderung dingin.

5. Serangan jantung
Risiko serangan jantung mengalami peningkatan pada cuaca dingin, diyakini karena kekentalan darah cenderung meningkat sehingga tekanannya ikut naik. Bahkan bukan cuma kasusnya, risiko kematian yang diakibatkan olehnya juga mengalami peningkatan.

Mengenai penyebabnya sendiri, tidak semua ahli sepakat bahwa hal itu dipengaruhi langsung oleh suhu dingin. Penelitian terbaru di Los Angeles menunjukkan, suhu dingin meningkatkan risiko depresi yang membuat orang lupa menjaga kesehatannya.

Bila ingin mencopy-paste artikel ini berika sumber copy-paste nya ya sobat, salam Petualang Unik

2 comments :

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"