Indonesia merupakan negara yang kaya dengan keanekaragaman hayati. Salah satu di antaranya adalah produk herbal yang tersedia sangat banyak. Aneka tanaman yang hidup di negara ini banyak diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan. Coba saja Anda amati. Mulai dari kencur, jahe, cengkeh, bawang, dan lain-lain yang mudah ditemukan,sudah membuktikan khasiatnya sebagai tanaman obat.

Namun, untuk tiga herbal ini mungkin tidak semua tempat ada. Pasalnya, sampai saat ini hanya ditemukan di bumi Cendrawasih, Papua.  Soal khasiat, tidak diragukan lagi. Dikutip dari Tourism News, berikut tiga tanaman herbal yang hanya ada di Papua:

1. Buah merah.


esuai namanya, buah yang berwarna merah ini hasil dari tanaman yang bentuknya seperti pandan.  Buah merah banyak ditemui di Wamena. Orang Papua kerap memanfaatkan buah ini untuk menjaga vitalitas dan kesehatan. Sebab, buah merah kaya dengan vitamin dan mineral. Dengan memakannya, ibarat Anda mengonsumsi suplemen multivitamin.  Tanaman buah merah biasanya menjulang sampai empat meter. Jenis akarnya tunjang dan punya cabang-cabang setinggi 1-2 meter.

2. Bunga Keris.


Inilah tanaman yang konon menjadi salah satu tumpuan harapan sebagai obat untuk penderita HIV/AIDS. Bentuknya memang menyerupai keris, sebuah senjata tradisional. Bunga ini memiliki ciri lain mengeluarkan lendir dan dipercaya menjadi obat untuk banyak penyakit, termasuk pasien yang mengalami masalah sistem imun. Bunga Keris bisa ditemukan di wilayah Kabupaten Biak Numfor.

3. Zodia.


Tanaman ini punya tinggi 50-200 cm. Daunnya pipih panjang dengan tekstur sedikit lentur. Warna daunnya kuning kehijauan. Zodia dipercaya dapat mengobati masalah kulit. Misalnya kulit alergi atau bengkak tergigit serangga. Tanaman ini juga berfungsi seperti lavender yang dapat mengusir nyamuk dengan mengoleskannya pada kulit.

1 comment :

  1. Terima kasih telah berbagi info mengenai 3 tanaman herbal yang hanya bisa ditemui di Papua

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"