Petualang Unik - Jalanan di kota Dresden, Jerman, akan diramaikan oleh AutoTram ExtraGrand yang memulai debutnya pekan ini. Istimewanya, bus ini memilikipanjang lebih dari 30 m dan bisa memuat 256 penumpang. Transportasi umum inipun menjadi bus terpanjang di dunia saat ini.


AutoTram dikembangkan oleh Fraunhofer Instutute dengan menggunakanprasarana komputer untuk efisiensi dan memudahkan pengoperasian oleh pengemudi.Megabus unik ini menggabungkan desain kereta api dan bus itu sendiri sertamemiliki 4 as kemudi. Bus ini juga ramah lingkungan dan dapat dioperasikanuntuk waktu yang lama menggunakan tenaga listrik.



"Inovasi Autotram terletak tidak hanya dalam panjangnya, tetapikebanyakan dari kemampuannya untuk melakukan manuver seperti bus kotakonvensional," ucap direktur institut, Matthias Klingner. "Tidak adamasalah dengan manuver dan stabilitas, tapi perlu dilihat sejauh mana panjangbus ini mempengaruhi lalu lintas kota yang normal."

Pemerintah Jerman menggunakan megabus ini sebagai fasilitas untukmengatur sistem lalu lintas yang lebih baik. AutoTram juga memiliki mesinhybrid yang akan secara otomatis mengambil alih ketika baterai listrikkehabisan tenaga, kemudian mengisi kembali baterai tersebut sementara kendaraanberjalan.


Megabus seperti ini sebenarnya juga ada di China dan pernah dipakai diInggris. New Liner China Series dapat memuat 300 penumpang, namun panjangnyahanya 24 m. Sedangkan bus Bendy harus ditarik dari London pada 2009 karenamenyebabkan banyak kecelakaan lalu lintas.

4 comments :

  1. kunjungan balasan ...

    cocok buat mudik di indonesia tuh ....
    buat nyaingi kereta yang super crowded

    ReplyDelete
  2. mending bikin kereta aja sekalian yaa,,,hehehhe

    ReplyDelete
  3. wah,, bisa jadi pusat perhatian dunia nih.. thx infonya

    ReplyDelete
  4. Ternyata di jerman ada bus terpanjang yang bisa mengangkut 256 penumpang

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"