Bulan Ramadhan tiba, saat yang paling tepat untuk beribadah sekaligus melatih diri untuk selalu bersabar serta tidak cepat terpancing emosi. Tapi terkadang, ada hal-hal tidak menyenangkan yang terjadi selama saat kita melakukan ibadah puasa, dan kita sebagai manusia kadang tak kuasa menahan emosi yang hampir meledak.


Sebelum emosi Anda meledak dan merusak ibadah puasa Anda, ada baiknya Anda melakukan beberapa tips ini. Menjaga emosi dan mood selama satu hari penuh bukan hal yang mustahil.

Tarik Napas, Hitung Sampai 10

Jika Anda berada dalam kondisi yang membuat emosi tiba-tiba ingin meledak (misalnya ada pengendara sepeda motor yang tiba-tiba menyelip kendaraan Anda), daripada mengumpat atau ngomel, segera tarik napas dalam lalu hitung satu sampai sepuluh. Menghitung satu sampai sepuluh bisa diganti dengan istighfar.

Cium Aroma Citrus

Aroma citrus dipercaya dan telah terbukti mampu menurunkan tingkat kecemasan dan mampu menenangkan pikiran. Jika Anda bekerja di tempat yang membutuhkan konsentrasi tinggi dan pikiran yang tenang, aroma citrus mampu menjaga mood Anda tetap stabil sepanjang hari.

Dengarkan Musik

Musik adalah penyelamat bad mood yang ampuh. Misalnya Anda dalam perjalanan pulang kantor dan terjebak macet panjang (padahal rasa lapar sudah mencapai puncaknya). Putar mp3 player Anda dengan lagu-lagu kesukaan. Usahakan musik atau lagu yang diputar memiliki melodi yang menenangkan.

Hindari Dehidrasi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tufts Universitymenemukan bahwa kurangnya konsumsi air setiap hari akan membuat seseorang (terutama wanita) menjadi cepat marah. Dehidrasi membuat emosi tidak stabil tanpa sebab yang jelas. Karena itu, penuhi kebutuhan tubuh akan air pada saat sahur dan berbuka puasa.

Tidur Cukup

Kurangnya waktu tidur juga bisa membuat seseorang mudah emosi. Dalam bulan yang penuh berkah ini, pertahankan juga kualitas tidur Anda tanpa meninggalkan ibadah. Anda akan lebih sering terjaga di bulan Ramadhan, yang penting kualitas tidur Anda baik, maka Anda bisa tetap prima dan fit selama bulan Ramadhan.

Itu dia tips-tips agar emosi Anda tetap terjaga selama menunaikan ibadah puasa. Punya tips lain? Silakan bagi di kolom komentar.