Di Kebun Binatang Busch Gardens, Tampa Bay, Florida, Amerika Serikat, pengunjung bisa melihat harimau dari dekat, bahkan bisa menantangnya untuk bermain adu tarik tambang.


Kebun binatang masa kini sudah tidak seperti dulu lagi. Setelah adanya kebun binatang yang memperbolehkan pengunjungnya memasuki kandang hewan yang ada di kebun binatang itu, sekarang malah ada kebun binatang yang memperbolehkan pengunjungnya bermain tarik tambang dengan harimau.

Meskipun kesempatan menang dari harimau Bengal ini sangat kecil atau bahkan tidak ada, atraksi ini selalu penuh pengunjung baik yang menonton ataupun yang ikut menjadi peserta. Atraksi ini bernama “Tiger Tug” (tarik tambang harimau). Aturan Tiger Tug ini sama dengan aturan tarik tambang biasa, hanya saja di antara peserta dengan harimau diberi pagar sebagai batas.

Popularitas atraksi ini sangat tinggi sejak pertama kali diperkenalkan di Busch Garden, namun tidak semua orang menyukai atraksi ini. Beberapa orang menulis di halaman Facebook kebun binatang ini, kalau atraksi ini dianggap “bodoh”, “salah”, dan anggapan miring lainnya. Mereka menganggap kalau kebun binatang ini -seperti halnya Kebun Binatang Lujan yang memperbolehkan pengunjungnya berada dalam kandang hewan- mengekploitasi hewan-hewan demi keuntungan dan merendahkan kesejahteraan hewan yang ada di sana. Namun dalam kenyataannya apakah seburuk itu?

Yang tidak diketahui oleh orang-orang yang protes tersebut adalah harimau ini tidak dipaksa untuk menarik tali tambang tersebut. Justru harimau itu tampak menikmatinya, seperti halnya kucing rumahan yang sedang diajak main. Selain itu, dengan adanya atraksi ini, harimau itu bisa lebih sehat dibandingkan jika tidak melakukan apa-apa, yang malah bisa membuat harimau itu malas atau obesitas. Secara keseluruhan, tidak ada yang salah dengan atraksi ini, karena mampu menghibur kedua belah pihak, baik peserta atau harimau itu sendiri.

Ni Videonya !!!