Liang Xiaoxiao asal Huaihua, Provinsi Hunan, China, tampak seperti anak kecil lainnya. Dia juga asyik bermain bola.Tapi ketika dibandingkan dengan bocah seusianya, akan terlihat perbedaan. Meski sudah berusia 3 tahun, Liang hanya setinggi 54 sentimeter dan beratnya sekitar 2,5 kilogram. Tingginya itu setara dua botol air kemasan ukuran 1,5 liter.


Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Rabu (18/7), Liang dinobatkan sebagai gadis terkecil di dunia. Dokter dari rumah sakit anak di Kota Changsa, Hunan, memeriksa anak itu dan mengatakan ia tidak akan lagi tumbuh.

Keadaan ini tidak membuat ibunda Liang berkecil hati. Dia bersyukur anaknya sehat. Ketika dilahirkan, berat Liang satu kilogram dengan panjang 33 sentimeter saja.

Pekan ini juga diberitakan bayi mungil dengan berat hanya 9,5 ons atau setara 95 gram, sudah boleh pulang setelah berjuang hidup selama 183 hari. Bayi ini berasal dari Charlotte, Carolina Utara, Amerika Serikat, dan lahir prematur ketika masih berumur 16 pekan di perut ibunya, Nicki Moore. Kini beratnya sudah 1,5 kilogram.