Namanya Elmira Abilgasanova. Umurnya 20 tahun. Ia adalah mahasiswi tahun keempat Fakultas Humaniora pada Universitas far Eastern University di Vladivostok, bagian Timur Rusia. Gadis manis yang saat ini bertugas sebagai panitia APEC Ministerial Meeting on Tourism di Khabarovsk ini mengaku memeluk Islam sejak lahir.


Bagi Elmira, Islam sangat penting dalam kehidupannya. Meskipun muslim di Rusia bukan mayoritas, namun agama ini tidak pernah bisa lepas dari dirinya. Sudah menjadi darah dagingnya. Sudah jadi DNA-nya. Maklumlah ia dan keluarganya hingga kakek neneknya semua beragama Islam. Bahkan dia juga punya banyak teman yang beragama Islam.

Uniknya, meskipun beragama Islam, ia tidak mendapatkan pelajaran agama secara formal, kecuali dari orang tuanya yang juga tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Bahkan Elmira selama hidupnya baru dua kali pergi ke masjid.

Elmira selalu menggunakan pakaian normal, dalam arti tidak memakai jilbab apalagi cadar. Menurut pengetahuannya, jilbab adalah pakaian tradisi bangsa Arab dan karena dirinya berasal dari Rusia, tidak wajib menggunakannya. Hal yang sama juga dipahami oleh rekan-rekannya. "Saya lebih suka menggunakan pakaian umum ala Rusia," ujarnya sambil mengerdipkan mata.

Tentang salat, ia juga jarang sekali melakukannya. Alasannya cukup unik, karena ia masih anak remaja. Selain itu, salat tiap hari bisa hanya 3 kali saja, karena dua diantaranya bisa dijamak. Bahkan puasa tahun inipun juga baru sehari dilakoni. Elmira tidak tahu banyak tentang rukun iman dan rukun Islam. Tetapi ia sangat meyakini kebenaran Islam.

"Dalam Islam yang terpenting adalah percaya pada Tuhan Allah SWT. Selain itu, Islam mengajarkan orang untuk berbuat baik kepada sesama dan tolong menolong setiap waktu," katanya dengan senyum lepas.

Elmira yang keturunan Azerbeijan ini memiliki bulu mata lentik, mata indah dan tinggi yang cukup semampai. Senyumnya yang mudah mengembang membuat banyak peserta sidang APEC minta bantuan kepadanya. Ia mengaku akan mendalami Islam kepada orang yang mau mengajari. Anda berminat?