Belajar adalah kewajiban bagi seorang pelajar,hidup tanpa belajar bagaikan raga tanpa jiwa. tapi seringkali kita malasbelajar khususnya anak anak sekolah. Berikut alasan mengapa kita sering malasbelajar:


1. Sulit memahami soal atau pelajaran

Permasalahan satu ini sering dijadikan alasanuntuk malas belajar karena kalau sudah sulit dengan soal dalam mata pelajarankita jadi dipusingkan dengan pelajaran tersebut, untuk mengatasi permasalahantersebut kita bisa belajar bersama-sama dengan teman atau kita sering sebutbelajar kelompok, dengan belajar kelompok kita bisa sharing berbagai soal yangsulit dengan teman kita

2. Lingkungan sekitar

Lingkungan sangatlah berpengaruh dalam prosesbelajar. Apabila Lingkungan kita tidak nyaman maka secara otomatis kita akanmalas belajar, Untuk mengatasi permasalahan tersebut hendaknya kita menciptakanlingkungan se-nyaman mungkin

3. Nge-game

Apabila kita keseringan nge-game maka kitasecara otomatis akan malas belajar karena kita sudah nyaman dengan gameyang kita mainkan dan "sangat" berat meninggalkan game yang kitamainkan untuk beranjak belajar. untuk mengatasi permasahan tersebut hendaknyakita atur waktu belajar dan bermain kita.

4. Mood

Mood adalah sesuatu yang sangat berpengaruhdalam proses belajar kita, apabila kita sedang tidak mood kita akansangat sangat malas belajar, untuk mengatasi permasalahan tersebut hendaknyakita ciptakan mood yang enak untuk belajar.

5. Sarana yang tidak mendukung

Sarana yang tidak mendukung merupakan salahsatu faktor penyebab kemalasan dalam belajar. jika sarana tidak ataukurang mendukung untuk belajar kita akan malas belajar. Untuk mengatasipermasalahan tersebut hendaknya kita mempunyai sarana yang cukup mendukunguntuk belajar misalnya buku ,ballpoint, pensil, meja belajar, kursi, bukupelajaran dll.

6. Keadaan fisik yang kurang sehat

Apabila kita sakit jangankan belajar mau makanpun kita malas maka dari itu kita syukuri anugrah sehat yang telahdiberi Allah dengan cara kita menjaga kesehatan. dengan keadaan fisik yangsehat kita akan semangat belajar.