Untuk menjaga kesehatan otak ada 4 hal yang harus dihindari:


1. Hindari minum alkohol, merokok, menggunakan narkoba atau zat aditif lain. Penderita yang ering merasa depresi terkadang merasa nyaman dengan menggunakan obat penenang. Meskipun dokter sudah tifak lagi meresepkan, untuk menghadirkan rasa nyaman, sering kali dia membeli sendiri obat tanpa resep dokter. Hal itu juga harus dihindari.

2. Merasa malas pergi ke dokter jika mengalami masalah mental, misalnya depresi atau masalah lainnya. Jika tidak menfapatkan penanganan yang memadai, kondisi kejiwaan pada akhirnya akan berpengaruh pada otak

3. Waspadai terjadinya masalah dalam fungsi mengingat atau fungsi kognitif misalnya lupa tanggal lahir pasangan, lupa menaruh kunci, tidak dapat menyelesaikan perhitunan matematika sederhana, dan gangguan lainnya. Meskipun demikian jangan lantas terlalu khawatir hingga menjadi cemas jika mengalami hal tersebut. Lakukan latihan untuk mengingat hal-hal kecil tersebut, dalam batas tertentu otak dapat dipaksa untuk mengingat. Latihan itu dapat membantu merangsang otak.

4. Mengurung diri di dalam rumah dan tidak bersosialisai dengan orang lain juga dapat membawa akibat buruk bagi otak. Bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain dapat merangsang otak bekerja.