Menjadi pintar bukanlah hal yang mustahil walaupun IQ kita tidak terlalu tinggi. Namun tentunya tidak ada orang yang pintar tanpa usaha sama sekali, tentu untuk menjadi pintar haruslah berusaha keras agar bisa menjadi pintar. Berikut 5 langkah mudah Agar Menjadi Pintar, mari disimak!


1. Membaca adalah kunci belajar
Walaupun buku bukanlah satu-satunya jendela dunia dikarenakan adanya sarana informasi lain seperti internet maka kamu tetap perlu banyak membaca untuk menjadi pintar. Banyak-banyaklah membaca agar kita dapat memperoleh banyak informasi yang berguna

2. Pemahaman Merupakan Yang Terpenting
Dalam belajar, menghapal bukanlah yang terpenting namun yang terpenting adalah pemahaman. Jangan sampai kamu hapal seratus persen bahan pelajaran namun tidak memahaminya. Ambil inti dari topik yang kamu baca dan pahami mengenai itu, apabila belum mampu memahami cobalah untuk menghapal dahulu kemudian baru memahami materi yang sedang dipelajari.

3. Mencatat pokok-pokok pelajaran
Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.

4. Pilih waktu belajar yang tepat
Usahakan agar kamu memilih waktu belajar yang tepat yaitu pada saat kondisi badan masih segar. Biasanya adalah waktu pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berkonsentrasi.

5. Bangun suasana belajar yang nyaman
Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kamu bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood. Tempat belajar juga bisa kamu sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.