Petualang Unik - Melakukan wawancara kerja tidak selalu bertatapan langsung dengan si pewawancara. Ada beberapa perusahaan yang melakukan interview calon karyawan barunya melalui telepon.


Wawancara kerja via telepon bukan berarti Sobat Petualang Unikbebas sesuka hati. Sobat Petualang Unik memang tidak perlu berpakaian rapi secara profesional,tapi ada beberapa hal yang perlu Sobat Petualang Unik perhatikan ketika sedang interview kerja lewat telepon. Apa sajakah itu? Simak di sini, seperti dikutip dari Idiva.

1. Pikirkan Bahasa Sobat Petualang Unik

Syarat utama yang perlu diperhatikan saat sedang interview pekerjaan adalah memastikan bahwa Sobat Petualang Unik mengatakan sesuatudengan baik. Sebagian besar dari kita meyakini bahwa kita mampu dalam hal itu,tetapi Sobat Petualang Unik harus sedikit lebih memperhatikan lagi kata-kata yang sering diucapkan, dan menyadari bahwa Sobat Petualang Unik terlalu sering mengucapkan "hal ini", "halitu", "Sobat Petualang Unik tahu". Kelancaran berbicara bukan hanya berarti mampubercakap-cakap, tetapi juga berkomunikasi dengan kalimat yang tepat.

2. Hindari Berbicara Terlalu Cepat
Pastikan Sobat Petualang Unik tidak berbicara terlalu cepat ketika sedang interview di telepon. Jika melakukan hal itu, Sobat Petualang Unik akan membuatsi pewawancara merasa kebingungan. Buatlah komunikasi secara efektif. Jadi,ketika lawan bicara selalu mengatakan "maaf", itu artinya Sobat Petualang Unik harus mengurangikecepatan dalam berbicara.

3. Kenali Kata-katamu
Sampaikan dengan jelas maksud dan tujuan Sobat Petualang Unik dengan kata-kata yang tepat, agar interviewer tidak menduga-duga. Sesuatu bisa diketahui dengan jelas ketika Sobat Petualang Unik bebicara, bukan lewat CV.

4. Bermain Intonasi
Jagalah intonasi agar tetap stabil dan terdengar menyenangkan. Jangan bericara terlalu kencang atau dengan nadatinggi. Ingat, jangan tutupi suara Sobat Petualang Unik dengan sesuatu apapun dan jangan membuat suara Sobat Petualang Unik terdengar berbeda dari biasanya. Cukup pastikan suara Sobat Petualang Unik tidak terlalu tinggi dan terlalu gembira.

5. Hindari Kata"Apa?" dan "Hah?"
Jika ada pembicaraan yang perlu diulang,jangan pernah mengatakan "hah?" atau "apa?", tetapi utarakanlah kata "maaf"atau "permisi". Dan ingatlah untuk selalu tetap tersenyum, karena pendengarakan mendengarkan suara Sobat Petualang Unik dengan baik.

4 comments :

  1. thx infonya, brmanfaat sekali u/ menunjang pekerjaan yg kita inginkan

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas info yang sudah dibagi, untuk tips wawacara via telefon

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"