Petualang Unik - Apakah anda pernah mencoba makanan di Afrika? Jika belum, mungkin Anda bisa mencoba makanan yang satu ini. Makanan tersebut namanya Fufu, dan berasal dari Ghana yang terletak di Afrika Barat. Baik rasa, cara memakannya dan cara membuatnya ternyata sangat unik. Yuk langsung saja kita baca artikel berikut.


Fufu merupakan makanan khas dari Ghana, Afrika Barat. Sekilas bentuknya memang nampak seperti kentang tumbuk yang dimasukkan ke dalam sup. Bila Anda melihatnya mungkin akan membayangkan rasanya yang ‘creamy’ dan lembek dicampur sup. Tapi, tunggu dulu, karena lidah anda akan dikejutkan setelah mencicipinya.


Karena fufu tidak terbuat dari kentang rebus yang dihaluskan. Fufu terbuat dari pisang tanduk rebus dan dari singkong. Pisang tanduk dan singkong itu dikupas, dicuci, dan direbus sampai lunak. Setelah ditiriskan, kedua-duanya ditumbuk bersamaan hingga membentuk adonan yang lembut dan teraduk rata. Adonan ini ditumbuk dengan menggunakan alu dan lumpang.


Kemudian adonan ini akan dicampur dengan sup kacang tanah. Sup kacang tanah ini sendiri terbuat dari kacang tanah yang ditumbuk. Kemudian dimasukkan daging atau ikan, tomat, bawang merah, merica, dan rempah-rempah lainnya. Daging atau ikan dikukus dan dirempahi, lalu ditambahkan air dan kacang tanah yang telah ditumbuk. Kemudian bisa juga ditambahkan sayur, lalu semuanya diaduk dan dimasak hingga matang. Setelah itu, adonan fufu akan dihidangkan dalam mangkuk, yang dituangi sup kacang tanah.

Namun tak sampai di sini saja. Karena orang Ghana sendiri memiliki teknik untuk memakan fufu. Kebanyakan orang Afrika memasukkan makanan ke dalam mulutnya dengan tangan. Jadi, anda pun harus memakan fufu ini dengan menggunakan tangan. Namun bagaimana cara meminum sup nya dengan tangan? Mudah saja sebenarnya. Yang harus anda lakukan adalah melekukkan telapak tangan anda hingga dapat menampung sup tersebut. Kemudian minumlah sup yang diwadahi telapak tangan anda. Adonan fufu dapat anda makan dengan mengambilnya menggunakan jari anda.



Lantas mengapa memakan fufu harus menggunakan tangan? Beberapa orang Ghana mengatakan bahwa mereka ingin menggunakan kelima indra dasar mereka sewaktu makan. anda mendengar dan mencium aroma makanan sewaktu dimasak. anda pun melihat dan mengecapnya sewaktu menyantap. Tetapi, agar dapat menggunakan indra kelima, anda harus menyentuh dan merasakannya dengan jari-jari.

Namun makan dengan tangan pun ada etikanya. Anda jangan pernah sekali-kali memakan fufu dengan menggunakan tangan kiri. Tangan kiri kita biasanya digunakan untuk membersihkan tubuh kita. Contohnya seperti setelah buang air besar. Sehingga makan dengan tangan kiri adalah sebuah bentuk penghinaan di Ghana. Selain itu, anda juga tidak perlu mengunyah ketika memakan fufu. Karena menurut orang Ghana, fufu sudah cukup lembut untuk tidak dikunyak. Sehingga anda lembutkan dengan lidah saja baru kemudian di telan. Bagaimana, unik bukan?

3 comments :

  1. Moon penjelasan secara rinci bagaimana tepatnya cara membuat FUFU karena saya pernah merasakan bagaimana lezatnya FUFU tapi tidak tahu bagaimana cara membuatnya.

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"