Petualang Unik - Piramida menjadi bangunan yang dilirik wisatawan. Tidak mau ketinggalan dengan Indonesia dan Mesir, Meksiko juga punya Piramida Kukulcan. Uniknya, struktur piramida milik suku Maya di Meksiko ini mirip dengan piramida Candi Sukuh, Jawa Tengah. Wow!


Berada di tengah situs suku Maya Kuno, Yucatan, Meksiko, Piramida Kukulcan menjadi pesona yang sangat mengesankan. Mengintip dari Trip Ideas, Selasa (22/5/2012) bangunan eksotis ini memiliki 9 undakan, 52 panel yang menjadi perhitungan tahun suku Maya, dan 365 anak tangga yang menandakan jumlah hari selama setahun.

Desain yang luar biasa pada piramida ini menjadi daya tarik untuk wisatawan yang datang ke destinasi di Chichen Itza, Meksiko. Konon piramida ini dibuat untuk menghormati Kukulcan, seorang dewa yang berbulu ular sejak 1.000 tahun silam.

Kalau dilihat-lihat struktur dan bentuk piramida Kukulcan, mirip dengan piramida Candi Sukuh di Jawa Tengah. Keduanya sama-sama memiliki bentuk piramida yang terpotong. Hanya saja yang membedakan kedua tempat ini adalah jumlah tangga, undakan, luas, dan besarnya piramida.

Selain panorama alamnya yang cantik, ternyata di dalamnya juga menyimpan piramida yang jauh lebih tua. Untuk masuk ke dalam piramida ini wisatawan harus melewati sebuah pintu kecil yang nantinya akan mengarah ke Chac Mool, salah satu sosok Suku Maya yang terbaring di atas sebuah tahta.

Banyak spot menarik yang bisa traveler temukan di sekitar piramida ini. Salah satu yang menarik ialah bagian atas Piramida Kukulcan. Namun, bila Anda ingin merasakan kepuasan saat mengelilingi bangunan ini cobalah datang pagi hari pukul 08.30 waktu setempat. Karena lewat dari jam itu, lokasi ini sudah pasti akan dipenuhi oleh pelancong.

Saat keadaan masih sepi, suasana akan terlihat lebih tenang dan nyaman. Anda bisa mendaki ke puncak dan melihat seluruh situs ini. Pepohonan hijau yang berada di sekitarnya, menjadikan piramida ini terlihat seperti tenggelam di "lautan" yang berwarna hijau.

Masih satu lokasi dengan Piramida Kukulcan, terdapat Kuil Warriors. keberadaan kuil ini juga tak luput dari perhatian wisatawan. Di sekelilingnya, puluhan pilar batu yang diukir menjadi pengawal yang melindungi kuil ini.

Dahulu, lokasi ini masih boleh dimasuki oleh wisatawan. Namun, kini pelancong tak bisa masuk ke dalamnya dan melihat langsung isi kuil batu ini. Jadi, satu-satunya cara untuk melihat isi kuil ini adalah dengan naik ke atas Piramida Kukulcan.

Karena ini piramida ini dibangun untuk dewa yang berbulu ular maka di tangga sebelah utaranya terdapat kepala ular. Sekilas, memang tidak ada yang aneh dengan kepala ular ini. Tapi, bila matahari sudah berada di puncak piramida jangan biarkan mata Anda ketinggalan dari momen ini.

Ya, bayangan sisi kiri dan kanan tangga ini terlihat seperti tubuh ular yang sedang meluncur kebagian bawah piramida. Apalagi patung dua pala ular raksasa ini memang berada di bagian bawah tangga.

Untuk menuju lokasi ini, wisatawan bisa menggunakan bus atau mobil sewaan. Setiap harinya, banyak wistawan yang mengunjungi Chichen Itza. Mau lebih seru lagi ada baiknya bila Anda menikmati piramid ini saat pagi ataupun sore hari.

Kalau suatu saat mendapatkan kesempatan berlibur ke Meksiko Piramid Kukulcan bisa jadi salah satu destinasi yang menarik. Tidak hanya sekadar berjalan-jalan, kita juga bisa mempelajari sejarah suku Maya yang tersimpan di piramida ini.

5 comments :

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"