Petualang Unik - Laporan terbaru dari Akamai, perusahaan jaringan delivery content global, menyebutkan kecepatan rata-rata internet di dunia. Lalu, berapa kecepatan rata-rata internet di Indonesia?


Berdasarkan data dipeta interaktifyang dibuat oleh Akamai, kecepatan koneksi internet rata-rata di Tanah Air adalah 772 kbps. Cukup rendah dibandingkan angka rata-rata kecepatan koneksi internet global yang mencapai 2,3 Mbps.

Dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara, kecepatan koneksi internet di Indonesia juga tertinggal. Negara tetangga Malaysia kecepatan internet rata-ratanya 1,7 Mbps, Thailand 3 Mbps, Filipina 1 Mbps, Vietnam 1,5 Mbps, Kamboja 1,2 Mbps dan Laos 956 kbps.

Ya, koneksi internet Indonesia termasuk paling lambat di Asia. Mungkin hanya menang dari Timor Leste yang sebesar 260 Kbps dan Papua Nugini 693 Kbps. Pakistan dan India juga lebih baik dari Indonesia, masing-masing 787 Kbps dan 839 Kbps.

Penetrasi internet broadband di Indonesia juga terhitung masih sedikit. Menurut Akamai, baru 5% populasi menikmati kecepatan internet sekitar 2 Mbps. Dan 18% populasi harus puas dengan kecepatan koneksi di kisaran 256 Kbps.

Dibandingkan dengan negara yang masuk sepuluh besar dengan internet tercepat, Indonesia jelas makin tertinggal. Di Korea Selatan, kecepatan rata-rata internetnya adalah 15,9 Mbps. Kemudian di Jepang mencapai kisaran 9 Mbps.

7 comments :

  1. memang lelet bangett koneksi internet diindonesia ini

    ReplyDelete
  2. wah,, cari tau pnyebabnya dong dan solusinya ..

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas info yang sudah dibagi ..
    salam sukses

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"