Petualang Unik - Selama ini robot yang dikembangkan oleh manusia hanya sebatas gerak dan berbicara, namun berbeda dengan robot buatan Jepang satu ini. Robot yang diciptakan oleh ilmuwan dari Universitas Waseda memiliki emosi sebagaimana manusia. Teknologi yang semakin maju menambah besar peluang segala impian dapat terwujud.


Waseda mengembangkan robot yang diberi nama Kobian. Kobian dapat merespon perkataan dan perbuatan yang diterimanya, sehingga robot ini sangat sensitif terhadap perlakuan manusia. Produsen robot Tsmuk menggaet para ilmuwan untuk merealisasikan impiannya, yakni membuat robot yang memiliki emosi dan ditampilkan dengan tersenyum, tertawa, menangis hingga dapat mengeluh.

Sebenarnya telah ada proyek pembuatan robot dengan emosi yang dilakukan oleh Douglas Adams" Hitchhiker"s, namun upaya mereka mengalami kendala serius tatkala memberikan sensitivitas emosi pada robot.


Kemudian dari ide serta rancangan robot tersebut, para ilmuwan Universitas Waseda mencoba mengembangkannya. Dan hasilnya adalah Kobian sang robot yang memiliki tujuh macam ekspresi seperti emosi manusia. Kelebihan robot yang sangat akrab dengan manusia ini dapat digunakan sebagai penghibur para pasien di rumah sakit, khususnya bagi mereka yang terkendala secara psikologi.

Terciptanya robot Kobian ini semakin menambah keyakinan para ilmuwan untuk membuat robot yang sama persis dengan manusia. Baik secara fisik, pikiran dan emosi. Dan bukan khayalan lagi akan terbuat robot seperti Doraemon, robot ajaib di film kartun yang populer. 

5 comments :

  1. Jepang penuh kontribusi pengembangan teknologi seperti robot. Setelah menciptakan robot pembuat kopi atau pelayan tamu restoran, sekarang robot diprogram mempunyai emosi. Apa jadinya itu adalah kalaborasi dari keunggulan robot lain. Inget transformers. Nice post :-)

    ReplyDelete
  2. terima kasih ats info yang sudah dibagi, tentang kobian si robaot yang bisa tertawa, menangis, dan mengeluh

    ReplyDelete
  3. keren gan robotnya , memiliki perasaan jadi bisa nangis , ketawa dan mengeluh ..
    terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"