Sungguh ajaib, cara alam membentuk bebatuan menjadi wujud yang unik.Jika berlibur ke Goreme di Turki, ada bebatuan raksasa tinggi menjulangberbentuk seperti menara kastil. Luar Biasa!


Jika bertandang ke Turki, sempatkanlah ke Kota Goreme diCappadocia. Di sana terdapat sebuah kawasan yang berisi bebatuan seperti menarakastil. Bebatuan ini terbentuk dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia.

Beribu tahun lalu, kawasan ini merupakan daerah bebatuan. Kemudianterkena erosi dari angin dan air, sehingga kini jadilah sebuah bentuk unikseperti menara kastil. Bagian atas batu cenderung lebih keras dan kuat,demikian ditengok dari situs resmi Cappadocia.


Sedangkan, bagian bawah batu lebih mudah pecah dan rentan.Formasi batu ini sungguh akan membuat siapapun yang melihat berimajinasi bahwabentuk tersebut terlihat seperti di negeri dongeng. Bebatuan yang bernama FairyChimneys atau cerobong asap negeri peri ini berada di tengah Kota Goreme dansudah menjadi taman nasional.

Sebenarnya, Turki memiliki banyak formasi bebatuan seperti ini. Bebatuanjenis ini tersebar di Lembah Uchisar di Urgup, Delta Avanos, di sekitar KotaCat in Nevhesir dan beberapa kota lain di Turki. Namun yang mewakiliimajinasi negeri dongeng adalah Fairy Chimneys yang berada di Goreme.


Selain sudah menjadi taman nasional, formasi bebatuan ini juga sudahmasuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Berjalan-jalan di sekitar bebatuanjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat sedang liburan di sini. Dikota yang terbilang kecil ini juga terdapat penyewaan sepeda dan motor. 

Jika tak ingin bersusah mengendarai kendaraan, para pelancong bisamenggunakan bis umum untuk berkeliling kota. Tak hanya formasi batu yangjadi poin utama, matahari sorenya pun tak kalah memesona. Nikmati cahayamentari sore yang menerobos bebatuan. Fenomena alam ini akan menjadi penutuphari yang indah di Goreme.

1 comment :

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"