Senyum adalah salah satu faktor yang bisa membuat hari anda menjadi lebih menyenangkan. Namun kadang kala suasana hati atau hal fisik yang agak spesifik membuat agak susah untuk mengeluarkan senyum.


Seperti misalnya kondisi gigi dan mulut. Kadangkala penyebab kita malas untuk senyum adalah karena alasan kita memiliki gigi kekuningan atau nafas yang tidak segar. Sebenarnya dengan rajin menggosok gigi, kita sudah melakukan langkah pertama untuk mendapatkan gigi putih, gusi sehat dan napas segar. Namun selain menggosok gigi, anda dapat memperindah senyum dengan beberapa jenis makanan berikut:

1. Yoghurt

Penumpukan bakteri di mulut adalah penyebab utama bau mulut, plak dan penyakit gusi. Yoghurt yang dimaksud disini adalah yoghurt bebas gula. Berdasarkan penelitian, makan yoghurt jenis tersebut dapat membantu melumpuhkan kuman yang hidup diantara gigi.

Orang yang makan yogurt empat kali atau lebih dalam seminggu cenderung lebih sedikit bermasalah dengan gigi berlubang. Untuk mempermanis yogurt murni, tambahkan beberapa tetes madu, yang juga mengandung senyawa yang dapat menghambat bakteri.

2. Ikan

Kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung didalam ikan ternyata berhubungan erat dengan penyakit gusi. Asam lemak omega-3 dapat meredakan peradangan yang terjadi ketika bakteri menumpuk di gusi. Namun jangan lupa sikat gigi setelah mengkonsumsi makanan yang satu ini, nanti malah mulut jadi bau amis.

3. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran seperti apel, seledri atau wortel, dapat merangsang air liur keluar yang kita tau mengandung anti-mikroba untuk melawan bakteri.

Mengunyah buah-buahan seperti apel dapat membantu memberikan pijatan dan meningkatkan sirkulasi darah pada gusi Anda. Penelitian lain menunjukkan bahwa vitamin C pada buah jeruk dapat membantu menjaga kesehatan gusi.

4. Keju

Layaknya susu, keju diluar dugaan adalah kalsium dan vitamin D yang merupakan nutrisi penting untuk membangun gigi yang kuat. Bahkan ada bukti bahwa mengunyah keju bisa membantu menetralkan asam yang mengupas enamel gigi, dan itu berarti akan mengembalikan putih alami gigi.

Kalau gigi, gusi dan nafas sudah oke, udah ga ada yang menghalangi kamu buat senyum kan?.