Indonesia merupakan negara yang terbiasa dengan udara panas. Sebab lokasinya tepat di tengah bumi dan dilintasi garis khatulistiwa. Namun rupanya ada tempat-tempat terpanas di dunia ini yang memiliki suhu sangat tinggi. Di mana saja itu? Huffington Post merangkum kesepuluh tempat paling panas sejagat untuk Anda berikut ini.

1. Dallol, Ethiopia


Dallol terkenal sebagai tempat paling panas sedunia. Bagaimana tidak, suhu udara di sana sehari-harinya bisa mencapai 106 derajat Fahrenheit atau 41 derajat Celsius.

2. Wadi Halfa, Sudan


Berikutnya, ada Wadi Halfa di Sudan yang berbatasan dengan Mesir. Termasuk tempat terpanas sedunia karena suhu udara di sana mencapai 127 derajat Fahrenheit atau setara dengan 52 derajat Celsius.

3. Death Valley, California


Daerah di California ini merupakan padang gurun dengan suhu 56 derajat Celsiue. Namun kemudian Badan Meteorologi Dunia meralat dan menyebutkan kini Death Valley bersuhu 57 derajat Celsius.

4. Lut Desert, Iran


Kalau di Iran, Gurun Lut adalah tempat yang dinobatkan menjadi salah satu lokasi terpanas sejagat. Bayangkan saja, suhunya mencapai 70 derajat Celsius.

5. Tirat Tsvi, Israel


Tirat Tsvi merupakan sebuah kota di Israel. Tempat ini disebut yang terpanas di Asia karena memiliki suhu 129 derajat Fahrenheit atau setara dengan 53 derajat Celsius.

6. Timbuktu, Mali


Ada pula Timbuktu di Mali yang tak kalah panasnya dengan daerah lain yang sudah disebutkan sebelumnya. Coba tebak berapa suhu udara di sini? Sekitar 130 derajat Fahrenheit atau 54 derajat Celsius!

7. Queensland, Australia


Perhitungan tempat terpanas sejagat dengan menggunakan bantuan satelit juga menyebutkan Queensland, Australia, sebagai salah satu area yang paling panas. Pasalnya, di sini suhu udara bisa mencapai 68 derajat Celsius.

8. Turfan, China


Turfan ada di provinsi Xianjiang di China. Di sana sangat panas. Anda mungkin tidak bisa membayangkannya karena suhu udara di Turfan bisa mencapai 50 derajat Celsius.

9. Kebili, Tunisia


Di Tunisia, daerah terpanas di sana sekaligus sedunia ada di Kebili. Setiap harinya, suhu di Kebili mencapai 131 derajat Fahrenheit atau setara dengan 55 derajat Celsius.

10. Ghadames, Libya


Terakhir, tempat terpanas sejagat bisa ditemukan di Ghadames, Libya. Sama seperti di Kebili, Ghadames memiliki suhu tertinggi sebesar 131 derajat Fahrenheit atau setara dengan 55 derajat Celsius.

2 comments :

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"