Robot yang dikenal dengan nama AlphaDog ini telah menjalani proses pengembangan selama beberapa tahun ini, menjadikannya lebih efisien dan tampak seperti makhluk hidup. AlphaDog merupakan proyek gabungan antara Boston Dynamics dengan DARPA dari Pentagon. Dalam video yang bisa dilihat di akhir tulisan, AlphaDog sudah bisa mengikuti manusia berjalan di perbukitan.


AlphaDog adalah robot berkaki empat yang didesain mampu menempuh jarak sejauh 20 mil (32 km) sambil membawa beban seberat 400 pound (200 kg). Sebelumnya, AlphaDog hanya bisa berjalan di jalanan yang telah ditentukan atau hanya dikendalikan lewat remote control. Hal ini membatasi kegunaannya di lapangan sebenarnya. Kini AlphaDog bisa disuruh hanya dengan kata-kata untuk mengikuti targetnya seperti halnya hewan peliharaan.

Seorang operator membawa sebuah alat yang bernama Marine Corps Tactical Robot Controller. Alat touchscreen ini bisa digunakan untuk mengendalikan dan memberi perintah pada robotnya. Ketika diset agar AlphaDog mengikuti operatornya secara otomatis, alat itu juga bisa mengatur bagaimana AlphaDog itu berjalan.

AlphaDog ini masih dalam tahap pengembangan. Robot ini hanya bisa berjalan dengan kecepatan 1-8 km per jam, namun bisa berjalan di daerah perbukitan. Boston Dynamics berharap bisa menambah kecepatan robot ini menjadi 16 km per jam nantinya.

AlphaDog nantinya akan digunakan untuk keperluan latihan Marinir. Juga di masa depan, DARPA ingin membuat AlphaDog memiliki suara, sehingga para prajurit bisa berbicara dengannya dan robotnya juga memberi respon verbal.

Ini Videonya 


1 comment :

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"