Kebun botani (atau taman botani) adalah suatu lahan yang ditanami berbagai jenis tumbuhan yang ditujukan untuk keperluan koleksi, penelitian, dan konservasi ex-situ (di luar habitat). Selain untuk penelitian, kebun botani dapat berfungsi sebagai sarana wisata dan pendidikan bagi pengunjung. Arboretum adalah semacam kebun botani yang mengkoleksi pepohonan.

Berikut 7 Kebun Botani atau Kebun Raya yg terkenal di dunia:

1. Kebun Raya Bogor, Indonesia


Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Kebun Raya Bogor merupakan salah satu kebun botani tertua di Asia dan memiliki keindahan tersendiri.

2. Hortus Botanicus Leiden, Belanda


Para Botanicus Hortus Leiden adalah kebun raya tertua dari Belanda, dan salah satu yang tertua di dunia. Kebun raya ini terletak di bagian barat daya pusat sejarah kota, antara gedung Akademi dan Observatorium Leiden.

3. Kebun Raya Nasional Belgia


Kebun Raya Nasional Belgia (bahasa Belanda: Nationale Plantentuin van België, bahasa Perancis: Jardin botanique national de Belgique) terletak di wilayah Kastil Bouchout, dekat kotamadya Meise, tepat di utara Brusel. Kebun Raya Nasional Belgia merupakan salah satu kebun raya terbesar di dunia dengan koleksi tumbuhan hidupnya yang banyak di samping herbarium lebih dari 3 juta spesimen.

4. Kebun Raya Montreal, Kanada


Kebun Raya Montreal (Perancis: Jardin Botanique de Montréal) adalah sebuah kebun raya besar di Montreal, Kanada. Terdiri dari 185 hektar (748.668 meter persegi) taman tematik dan rumah kaca. Kebun botani di Montreal benar-benar besar, mungkin kebun botani terbesar ketiga di dunia.

5. Kebun Botani Kew, Inggris


Kebun Botani Kew atau The Royal Botanical Garden Kew (Kebun Botani Kerajaan Kew). Biasa disingkat Kew Garden merupakan lahan luas berupa taman dan rumah kaca yang terletak di antara Richmond dan Kew di barat daya London, Inggris. Kew Garden merupakan salah satu kebun raya tertua di yang telah menghijaukan kota London selama lebih dari 250 tahun.

6. Singapore Botanic Garden, Singapura


Singapore Botanic Gardens ini memiliki koleksi tanaman yang cukup lengkap. Hutan kecil ini berada tepat di sebelah Gleneagles hospital. Kebun ini memiliki luas sekitar 64 hektar, di sini anda bisa menikmati pemandangan pepohonan yang hijau dan rimbun.

7. Kebun Botani Bergian, Swedia


Kebun Botani Bergian atau Bergianska trädgården atau Hortus Bergianus adalah sebuah kebun botani yang terletak di Frescati, sebuah area tidak jauh dari Stockholm. Dan berdekatan dengan Museum Nasional Ilmu Pengetahuan Alam Swedia dan kampus utama dari Universitas Stockholm

1 comment :

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"