Olimpiade 2012 sekarang tengah bergulir di Inggris Raya. Para atlet dari berbagai penjuru dunia kini berlomba menjadi yang terbaik di kelasnya. Ada yang pulang dengan tangan hampa, ada pula yang pulang dengan perasaan bangga dengan emas yang melingkar di dada.

Dalam sejarah Olimpiade modern tercatat ada beberapa atlet yang berhasil memboyong banyak sekali emas untuk cabang olahraga tertentu. Nah, siapa sajakah para atlet-atlet tersebut, berikut daftarnya

1. Michael Pelps (20 medali )


Dunia olahraga akan mencatat nama perenang yang satu ini sebagai olahragawan yang paling banyak mendapatkan emas di cabang olahrraga renang. Tak tanggung-tangung selama keikutsertaaanya di cabang akuatik pria kelahiran 30 juni 1985 ini telah mengantongi emas sebanyak 20 buah. Tak segan Presiden AS  Barack Obama pun langsung menelponnnya seraya memberikan selamat kepada perenang yang satu ini baru-baru ini setelah dia mendapatkan medali yang ke-20.

2. Larisa Latynina (18 medali)


Berbeda dengan Phelps yang seorang perenang, Larisa ini adalah seoarang pesenam asal Uni Soviet yang berhasil memboyong 12 medali olimpiade dan empat medali tim dalam kurun waktu 1956-1964 di cabang olehraga senam. Total rekor perolehan medalinya ini bertahan selama 48 tahun sampai akhirnya dikalahkan oleh rekor medali yang diperoleh Phelps.

3. Nikolai Adrianov (15 medali)


Nikolai ini merupakan pesenam dari Uni Soviet  yang berhasil memperoleh 15 medali (7 medali emas, 5 medali perak, 3 medali perunggu). Ia adalah atlit ketiga setelah Larisa Latynina dan Michael Phelps yang memperoleh banyak di medali di Olimpiade.

4. Boris Shakhlin (13 Medali)


Nama tenarnya ketika itu adalah ” Man of Iron”, lahir di Siberia pada tahun 1932. Shaklin ini meraih medali emas individunya di cabang olahraga senam sebanyak 13 medali di tiga Olimpiade, yaitu Olimpiade Melbourne 1969, Olimpiade Roma 1960, Olimpiade Tokyo 1964. Selama berkarir sebagai atlet, dia telah mengikuti 12 Olimpiade dan 22 kejuaraan dunia.

5. Edoardo Mangiarotti (13 medali)


Apabila atlet di atas bgerhasil memperoleh medali-medali di cabang senam dan akuatik, mungkin hanya Edoardo yang berhasil meraih medali di cabang yang satu ini, ya cabang olahraga Anggar.  Pasalnya, di cabang olahraga ini ia berhasil membawa pulang 13 medali di Olimpiade Helsinki 1952, Olimpiade Melbourne 1956, Olimpiade.