Profesi sopir di Indonesia mungkin dianggap remeh, tak berkelas dan bergaji rendah. Namun terasa berbeda jika yang disopiri adalah keluarga kerajaan Inggris. Selain meningkatkan status, gajinya pun bahkan bisa melebihi anggota DPR.


Jika berminat, kebetulan Istana Buckingham di Inggris tengah membuka lowongan bagi mereka yang ingin menjadi sopir. Syaratnya adalah memiliki SIM Inggris, mampu bekerja efektif dalam tim, kemampuan administrasi (seperti menggunakan e-mail), mampu berkomunikasi dengan jelas, serta pengambil keputusan yang baik.

Peluang ini sangat memungkinkan untuk bisa diambil oleh orang Indonesia, mengingat mobil di Inggris juga menggunakan setir kanan. Apalagi jika punya pengalaman bekerja sebagai sopir profesional, maka akan menjadi keunggulan tersendiri.

Namun, tugas utama yang harus dipenuhi oleh sopir istana kerajaan adalah mengoperasikan kendaraan dan merawatnya. Dan yang lebih mencengangkan adalah soal gaji per bulan, yakni 23.000 poundsterling atau setara Rp. 340 juta per bulan, untuk total jam kerja selama 48 jam seminggu.

Dengan gaji sebesar itu, sebulan kerja langsung bisa beli Mitsubishi Outlander varian termahal.