Beberapa dari Anda mungkin berpikir kalau restoran yang hanya menyediakan makanan kaleng tidak akan populer. Namun di Jepang, restoran seperti itu bisa menjadi sangat populer.


Memakan makanan kaleng dingin mungkin bukan ide yang baik untuk digunakan sebagai tujuan kuliner, tapi Restoran Kanso di Osaka, Jepang, telah memulai bisnis ini dan mendapatkan kesuksesan yang luar biasa. Segalanya berjalan dengan baik, sampai-sampai Clean Brothers, sebuah perusahaan yang sukses di bidang  restoran dan kafe, membuat waralaba dari Restoran Kanso ini, yang diberi nama Mr. Kanso. Restoran ini tidak dibangun di tempat seperti tempat pengungsian bencana alam, namun dibangun di kota besar seperti Tokyo atau Nagoya. Restoran Kanso dibangun pada tahun 2002, dan memiliki 17 cabang. 14 dari cabang tersebut merupakan waralaba, dan akan terus bertambah.

Di restoran ini, tidak ada menu yang biasa kita jumpai di tiap restoran biasanya. Yang ada hanyalah barisan makanan kaleng yang ditempatkan di beberapa rak. Makanan kaleng ini berjumlah 300 macam makanan kaleng dari seluruh dunia. Anda bisa menemukan dari kare Hokkaido hingga salad Perancis dalam kemasan kaleng. Menurut beberapa pengunjung, yang menyenangkan adalah ketika memilih makanan yang berjumlah banyak tersebut dan bisa mencicipi cita rasa makanan yang belum pernah dicoba sebelumnya.


Tapi mengapa banyak orang yang menginvestasikan uangnya pada restoran yang hanya menyediakan makanan kaleng? Alasannya antara lain adalah restoran ini tidak memerlukan keahlian memasak, jadi tidak perlu peralatan dapur atau koki untuk memasak makanan. Biaya operasional restoran ini juga tidak tinggi, hanya sekitar 3 juta yen (sekitar Rp 300 juta) atau tiga kali lebih murah daripada biaya operasional restoran pada umumnya. Walau demikian, alasan yang bisa menarik pengunjung untuk datang ke Mr. Kanso masih belum bisa diketahui.(Odditycentral/rei)