Masih ingat Pyro, salah satu tokoh di film X-men yang bisa mengeluarkan api? Kisah rekaan itu rupanya ada di dunia nyata.Tapi kalau yang satu ini seorang gadis 11 tahun dari Vietnam.


Namanya masih dirahasiakan, yang jelas sebagai 'gadis mutan' tubuhnya bisa mengeluarkan panas tak terduga. Bahkan, benda-benda yang ada di sekitarnya pun ikut terbakar.

Gadis muda yang tinggal di distrik Tan Binh, Ho Chi Minh, telah membakar hampir seluruh lantai tiga rumah keluarganya. Sang ayah mengatakan api berasal dari energi super yang ada di dalam tubuh putrinya, seperti dilansir situs berita Vietman Ngoisao.net, Rabu (23/5/2012).

Orangtua gadis yang tidak disebutkan identitasnya tersebut telah memperhatikan kemampuan aneh putrinya sekitar satu bulan lalu, ketika jaringan listrik rumah mengalami konsleting berkali-kali.

Outlet listrik di sekitar rumah keluarga ini pun meledak ketika 'gadis mutan' itu mendekatinya. Tak hanya itu, banyak lagi benda-benda yang telah dibakarnya, seperti peralatan elektronik, toilet duduk, kamar hotel bahkan pakaiannya sendiri.



Barang-barang yang terbakar akibat 'aksi' sang gadis mutan

Setelah insiden yang terjadi pada tanggal 12 Mei lalu, jaringan listrik rumah pun dialihkan, semua perabotan dan peralatan listrik diletakkan sejauh mungkin dari sang 'gadis mutan'. Ia pun dijaga 24 jam seminggu, bahkan orangtuanya selalu sedia ember penuh berisi air dan handuk basah.

Karena fenomena anehnya, sang gadis pun diuji oleh ilmuwan di Hong Bang International University, di Ho Chi Minh, Vietnam.

Du Quang Chau, seorang ahli radiesthesia (kemampuan untuk mendeteksi 'radiasi' dalam tubuh manusia) melakukan serangkaian tes pada gadis itu dan menemukan sesuatu yang aneh di belahan kanan otaknya.

Menyadari ini adalah kasus yang belum pernah terjadi sebelumnya baik di Vietnam dan dunia, ia menciptakan sebuah panel untuk melakukan studi tentang tubuh gadis dan lingkungan sekitarnya.

Fenomena unik ini menarik para ilmuwan dari berbagai bidang, termasuk fisika, kedokteran, psikologi, budaya dan sosiologi.

"RFI (Radio Frequency Interference) tes menunjukkan 'halo' aneh di belahan kanan otak gadis itu, yang bisa menjadi penyebab daya yang tidak lazim," jelas Dr Nguyen Manh Hung, Direktur Hong Bang University.

Sang gadis secara medis juga diperiksa di Cho Ray Hospital dan Children No 2 Hospital, tapi dokter tidak menemukan sesuatu yang abnormal.

Hingga saat ini nama sang gadis dan orang tuanya belum diumumkan, tetapi foto-foto rumah mereka yang rusak telah diterbitkan di beberapa media.