Mengonsumsi makanan sebelum olahraga, bisa membuat hasil latihan jadi lebih maksimal. Namun tidak semua jenis makanan cocok dikonsumsi dan porsinya pun harus tepat.

Menurut pakar fitnes Namrata Purohit seperti diansir Health Me Up, sumber energi terbesar bagi tubuh berasal dari karbohidrat dan protein. Asupan nutrisi yang cukup sebelum olahraga akan memberi Anda tambahan energi sehingga performa olahraga mencapai titik terbaiknya. Ini dia tujuh makanan tersebut.

1. Yoghurt

Yoghurt dalam porsi kecil mengandung kalsium dan protein, serta sedikit gula alami. Makanan yang satu ini cukup bersahabat bagi perut dan sistem pencernaan, dan merupakan pilihan tepat untuk dikonsumsi sebelum melakukan olahraga yang intens. Sebagai tambahan energi, Anda bisa menambahkan sedikit sereal gandum utuh, buah segar atau madu.

2. Oatmeal

Oatmeal baik dikonsumsi sebelum menjalani olahraga di pagi hari. Makanan ini dikenal sangat bersahabat bagi perut dan merupakan sumber energi yang baik. Akan lebih baik lagi jika Anda memasukkan potongan buahs segar ke dalam oatmeal.

3. Nasi Merah dengan Ayam

Jika Anda akan berolahraga di sore atau malam hari, maka nasi merah dan ayam merupakan makanan terbaik. Nutrisionist Dr Zainab Sayed menjelaskan, nasi merah memerlukan waktu lama untuk dicerna tubuh dan merupakan sumber serat dan karbohidrat yang baik. Sementara ayam (pilih bagian dada yang tak berlemak) mengandung protein sehat. Kombinasi keduanya baik dimakan sebelum olahraga. Konsumsilah satu mangkuk ukuran sedang nasi merah dengan dua potong dada ayam.

4. Pisang

Pisang mengandung gula alami dan karbohidrat kompleks yang memberi Anda energi instan pada tubuh. Sameer Purohit, trainer fitnes yang banyak melatih para selebriti mengatakan, "Makan satu pisang ukuran sedang 45 menit - 1 jam sebelum olahraga cukup untuk cadangan energi selama berolahraga. Tapi itu kembali lagi kepada kondisi tubuh, karena kebutuhan kalori setiap orang berbeda."

5. Sandwich Isi Selai Kacang

Pilih roti gandum dan selai kacang tanpa tambahan gula maupun bahan lainnya. Setangkup roti gandum dengan selai kacang, ditambah olesan madu sebagai pemanis juga salah satu makan terbaik untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Makanan ini cocok dikonsumsi jika ingin olahraga pagi, karena ringan namun cocok untuk mengisi perut dan energi setelah Anda berpuasa malam harinya.