Menjaga kesehatan kulit merupakan hal mutlak yang wajib dilakukan oleh para wanita. Tak jarang dari mereka melindungi dan menjaga kesehatan kulit dengan menerapkan pelembab dan tabir surya. Ini memang dipercaya sebagai nutrisi untuk kulit. Namun, ada cara mudah dan sederhana menjaga dan mempertahankan kesehatan kulit Anda.

Mengonsumsi makanan mengandung nilai gizi tinggi seperti buah dan sayur, juga menjadi cara alternatif merawat kulit dari dalam. Tak perlu repot mempersiapkan anggaran besar untuk pergi ke salon, hanya dengan mengonsumsi makanan sehat ini secara rutin, proses penuaan pada kulit bisa ditunda. Berikut tipsnya, seperti dikutip laman Ivillage.

Mangga

Tak hanya sekedar manis dan lezat, buah mangga merupakan sumber beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Juru bicara American Dietic Association, Keri Gans, RD pun mengatakan vitamin A diperlukan untuk menjaga kulit sehat dan memperbaiki jaringan kulit.

"Tanpa jumlah yang cukup dari vitamin A, kulit Anda akan kering dan keriput," ujarnya. " Vitamin A juga dapat mengurangi peradangan kulit setelah terpapar sinar matahari.

Buah mangga sangat mudah didapat. Untuk mendapatkan kualitas dari buah mangga yang sempurna, fokus pada rasanya, bukan warna. Pilih buah yang sedikit lembut untuk disentuh.

Untuk meningkatkan rasa mangga agar lebih segar, coba dengan menambahkan sentuhan garam, air jeruk nipis, atau lada dan cabai.Selain dari mangga, kandungan beta karoten juga terdapat pada wortel, labu, ubi juga aprikot.

Jus jeruk

Jus jeruk dikemas dengan vitamin C, mengandung antioksidan yang membantu melindungi DNA di sel kulit dengan menetralisir radikal bebas- atom yang merusak sel dan mempercepat penuaan dan penyakit. Mengonsumsi jus jeruk teratur juga dapat membantu kulit tampak cerah.

"Vitamin C diperlukan untuk produksi kolagen, yang membantu mencegah kulit  kendur dan berkerut," kata Gans.

Tak hanya mengandung vitamin C yang baik untuk kulit, jus jeruk juga diperkaya vitamin D dan kalsium yang bagus untuk memelihara kesehatan tulang. Namun, jika Anda merasa tak suka dengan rasa jeruk, sumber vitamin C juga bisa diperoleh dari paprika, brokoli, dan stroberi.

Yoghurt

Tinggal di tempat teduh, baik untuk kulit Anda karena sinar ultraviolet matahari dapat mempercepat keriput dan meningkatkan risiko kanker kulit. Namun ada kelemahan jika Anda terus-menerus menghindari matahari. Hal itu bisa membatasi tubuh memproduksi vitamin D, yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan vitamin D untuk tubuh, maka Anda perlu makanan tambahan, yakni dengan mengansumsi produk susu seperti yoghurt yang telah diperkaya dengan vitamin D.

Jika tak suka dengan rasa yoghurt original, bisa ditambahkan dengan buah persik segar atau stroberi.

Kacang almond

Menelan segenggam almond, Anda akan mendapatkan dosis sehat vitamin E, antioksidan yang membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet matahari.

"Vitamin E membantu otot membentuk jaringan untuk mencegah penuaan dini pada kulit, serta melindunginya dari kekeringan," kata Gans.

Jika tajk suka dengan rasa kacang almond, sumber lain dari vitamin E juga bisa diperoleh dari biji bunga matahari, minyak bunga matahari, hazelnut, atau kacang tanah.

Ayam

Ayam mengandung dua nutrisi, zinc dan protein, yang sangat penting untuk kulit sehat. Zinc membantu menjaga kesehatan kulit, membantu dalam penyembuhan luka, dan mengurangi peradangan, sedangkan protein membuat kulit Anda segar.

"Kulit didominasi protein, dan jika Anda tidak mengkonsumsi jumlah yang cukup setiap hari, kulit Anda bisa menjadi kendur dan longgar," kata Gans. "Tubuh Anda juga menggunakan asam amino (ditemukan dalam protein) untuk membuat kolagen, yang akan memberikan sel-sel kulit baru yang segar."

Meski ayam mengandung nutrisi yang baik untuk kulit, namun Anda perlu tahu, cara sehat mengonsumsinya, yakni dengan mengonsumsi hanya dagingnya saja tanpa kulitnya. Ini penting untuk menjaga kalori dan mengurangi lemak jenuh.

Sumber-sumber protein dan zinc juga bisa diperoleh dari daging sapi atau kepiting.