Ada yang bilang kalau kue bolu dan kue chiffon mirip, namun sebenarnya berbeda. Chiffon memiliki tekstur yang sangat lembut dibandingkan dengan bolu, sehingga cocok untuk dijadikan hidangan berbagai acara.


Dilansir Okezone, Minggu (2/3/2014), chiffon juga tersedia dalam berbagai macam variasi, seperti chiffon durian, stroberi, pandan, dan sebagainya. Bahkan, chiffon pandan juga bisa dibuat lebih bervariasi, misalnya dengan penambahan cokelat. Sementara, chiffon durian bisa ditambahkan cokelat keping.

Kue ini terbuat dari telur, gula, tepung, baking powder, dan aneka perasa. Kue ini merupakan kombinasi dari adonan encer dengan busa foam. Tidak seperti kue tradisional lainnya yang menggunakan mentega, chiffon justru menggunakan minyak sayur. Tekstur yang sangat lembut bisa dihasilkan dengan cara mengocok putih telur hingga mengembang dan mencampurnya dengan adonan sebelum dipanggang. Minyak yang digunakan dan komposisi telur, akhirnya menciptakan kue yang sangat empuk.

Chiffon pandan justru lahir di Indonesia yang mendapat pengaruh zaman kolonial Belanda, terutama di daerah dengan mayoritas suku Melayu. Karena menjadi kue bolu khas Melayu, maka chiffon cake pandan ini juga populer di Malaysia dan Singapura.

13 comments :

  1. Semoga bermanfaat , ditunggu post yang lainnya

    ReplyDelete
  2. wah enak banget jadi pengen buat sendiri dech

    ReplyDelete
  3. bisa coba dirumah u/ hidangan yg lezat.. thx

    ReplyDelete
  4. kayanya enak banget tuh gan , jadi pengen nyoba ..

    ReplyDelete
  5. mm yummii , enak banget kayanya , pengen nyobain dong gan ..

    ReplyDelete
  6. perutku bersuaraaa, lapar haha

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"