Di zaman modern ini, banyak teknologi – teknologi yang sudah berkembang pesat. Contohnya saja dalam dunia video games. Di zaman canggih ini, tampilan dari video games hampir mendekati gambar yang nyata. Seperti teknologi 3D, yang membuat tampilan video games di layar tampak nyata mirip seperti pada kehidupan asli.

Nah, ingatkah Anda pada masa – masa awal di mana video games masih tampak kuno. Dimana tampilan di layar TV Anda hanya berbentuk geometrik sederhana sehingga tampak kaku. Bernostalgia kembali dengan masa – masa video games jadul keluaran tahun 90 -an. Beberapa permainan andalan keluaran Nintendo adalah Mario Bross, Tetris, Pacman, dll. Sebenarnya, konsep dalam permainan antara zaman dahulu dengan permainan sekarang tidak jauh berbeda. Peraturan dan konsep nya masih seputar menembak sasaran, mengejar, atau melarikan diri dari kejaran musuh, balapan, berkelahi melawan musuh, mengumpulkan nilai, permainan strategi dan sebagainya. Yang berbeda hanya lah dari tampilan nya saja dan beberapa pengembangan yang dibuat. Seperti dalam hal peraturan permainan, dan juga tombol pengendali. Tampilan layar zaman sekarang lebih menyerupai kehidupan nyata. Dimana tokoh – tokoh karakter dalam permainan tersebut tampil lebih halus dengan warna – warna grafis yang lebih bervariasi bila dibandingkan dengan permainan jadul yang tampilannya kaku.

Nah, seorang fotografer asal Jerman, bernama Patrick Runte rupanya terinspirasi untuk mengangkat tema permainan – permainan jadul ini ke dalam kehidupan nyata. Patrick membuat sebuah proyek yang diberi judul “Jump `N Run” atau “Lompat dan Lari”. Proyek fotografi yang dibuat oleh Patrick ini berisi seputar foto dari tokoh – tokoh karakter dalam video games jadul keluaran tahun 90-an. Patrick membuat replika dari permainan tersebut dalam sebuah realita. Kemudian Patrick memotret replika yang telah ia buat tersebut. Proyek “Jump `N Run”-nya ini dapat diibaratkan sebagai sebuah fantasi yang menjadi kenyataan. Patrick menggunakan manusia yang diberi kostum untuk menggambarkan karakter dalam permainan – permainan tersebut. Penasaran seperti apa hasilnya?


Permainan Pac Man ini mengharuskan tokoh Pac Man menghindari kejaran musuh – musuhnya sambil menghabiskan semua titik – titik yang terdapat pada arena permainan. Namun bila Pac Man memakan titik yang besar, ia akan berubah secara ajaib sehingga dapat memakan musuh – musuhnya. Namun bila tidak dalam kondisi ajaib, Pac Man akan mati bila terkena dan termakan oleh musuhnya.


Foto di atas sebelah kiri adalah permainan tetris yang mengharuskan Anda menyusun bangun – bangun ruang dengan berbagai macam bentuk. Sedangkan foto di kanan adalah permainan pinball. Di mana Anda harus mengumpulkan nilai – nilai berupa titik hingga nilai yang telah ditentukan, dan terus menjaga agar bola tidak terjatuh masuk ke dalam lubang.


Permainan di atas adalah space invaders atau serangan dari luar angkasa. Tugas Anda adalah menembak musuh agar tidak sampai menerobos garis pertahanan Anda. Bila musuh melewati batas pertahanan Anda, maka Anda dianggap kalah.


Permainan pada foto di atas adalah permainan pong. Sedangkan foto di bawah adalah permainan castles atau kastil.

Yah, memang tidak tampak sangat menakjubkan. Namun masing – masing orang boleh mempunyai pendapat dan penilaian yang berbeda – beda. Selera setiap orang pun tidak sama. Namun, menurut saya pribadi, hasil yang paling menarik perhatian saya adalah hasil replika dari permainan Pac Man. Sepertinya akan sangat menarik bila permainan Pac Man ini diangkat ke dalam dunia nyata. 

0 komentar:

Post a Comment

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"