Mungkin ada yang tidak mengetahui hal ini. Kopi termahal saat ini, Black Ivory, ternyata berasal dari biji kopi yang dimakan dan kemudian ‘dibuang’ dari gajah Thailand. Harga per kilo nya bisa mencapai USD 1,100 (sekitar Rp 11 juta). WOW…


Kopi Black Ivory itu sendiri disajikan hanya di empat tempat di seluruh dunia, yaitu tiga di Maldives dan satu di Thailand. Meskipun terdengar menjijikkan, secara teori kopi ini tidak berasa pahit, karena enzim yang ada di perut gajah menghilangkan protein yang terdapat pada biji kopi tersebut. Dengan berkurangnya protein, maka berkurang pula rasa pahitnya.

Dilansir Odditycentral, kopi Black Ivory ini diproduksi sangat sedikit dan terbatas. Di Thailand saja hanya diproduksi sebanyak 50 kg. Ditambah lagi harganya yang selangit. Kenapa bisa mahal? Penyebab utamanya adalah pemeliharaan gajahnya yang tidak murah. Selain itu, gajahnya juga harus diberi makan biji kopi Thai Arabica sebanyak kurang lebih 36 kg biji kopi untuk bisa menghasilkan 1,1 kg biji kopi Black Ivory.


Selain Thailand, Indonesia juga memiliki kopi khasnya sendiri yang juga berharga mahal, yaitu kopi luwak. Seperti halnya Black Ivory, kopi luwak juga berasal dari kotoran hewan, dalam hal ini hewannya adalah luwak. Mungkin beberapa dari JBers ada yang sudah pernah mencicipinya. Bagaimana dengan Black Ivory? apakah ada yang berminat mencobanya?

3 comments :

  1. Terima kasih telah berbagi informasi, ternyata kopi termahal didunia terbuat dari kotoran gajah, Sangat menakjubkan ..!!

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"