Untuk kesekian kalinya budaya asli Indonesia diklaim oleh negara tetangga, Malaysia. Kali ini, yang menjadi “korban” adalah Tari Tor-tor dan Gordang Sambilan dari Sumatera Utara.

Sebagaimana yang diberitakan kantor berita Malaysia, Bernama, Tarian Tor-tor dan Gordang Sambilan milik masyarakat Mandailing bakal dijadikan warisan nasional negaranya segera mungkin. Hal tersebut dinyatakan langsung oleh Menteri Informasi, Komunikasi dan Budaya Malaysia Datuk Seri Dr Rais Yatim. Menurutnya, tarian ini akan terdaftar dalam Bagian 67 Undang-undang Warisan Nasional 2005.

“Pengakuan ini dengan syarat bahwa pertunjukan berkala harus dilakukan. Tarian tersebut harus dimainkan di depan publik,” tuturnya saat meluncurkan pertemuan Masyarakat Mandailing beberapa waktu lalu.

Rais mengatakan mempromosikan seni dan budaya Mandailing itu penting karena bisa mengungkap asal-usul mereka dan membina kesatuan dengan masyarakat lainnya.

Dr Rais Yatim juga meresmikan Komunitas Kelahiran Mandailing pada saat itu. Sekitar 1.000 warga kelahiran Mandailing hadir pada peresmian komunitas tersebut.

0 komentar:

Post a Comment

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"