Banyak manfaat kesehatan yang ada pada bahan makanan alami dari alam untuk dapat kita rasakan. Contohnya adalah madu. Dengan mengkonsumsi madu, tubuh kita bisa menjadi segar dan sehat. 


Berikut adalah 10 fakta mengenai madu yang mungkin belum Anda ketahui. 

1. Madu adalah satu-satunya pemanis alami (bukan buatan) yang juga memiliki efek penyembuh. 

2. Madu memiliki pH sekitar 3-4 dan mengandung kira-kira 18% air. Karena itu, madu merupakan substansi yang sangat stabil dan dapat bertahan lama jika disimpan dengan baik.

3. Madu dapat mengurangi timbunan lemak yang ada di sistem jantung. 

4. Madu tidak meragi dalam perut seperti gula atau sukrosa, sehingga aman dari infeksi bakteri. 

5. Madu merupakan bentuk molekul paling sederhana dari gula dan tidak bisa dipecah lebih kecil lagi. Berbeda dengan sukrosa, madu bisa mengalir dari usus ke peredaran darah tanpa ada masalah pada sistem pencernaan. 

6. Madu bisa membakar lemak tubuh selama kita tidur karena memiliki rasio fruktosa dan glukosa yang sama. 

7. Madu bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat luka bakar dan menghilangkan bekas luka bakar tersebut dengan cepat. 

8. Vitamin dan antioksidan dapat ditemukan di madu, dan satu antioksidan khusus bernama ‘pinocembrin’ hanya ada pada madu. 

9. Madu bisa menjadi obat batuk untuk anak-anak yang efektif, lebih efektif dan aman daripada obat yang dijual di apotek. 

10. Beberapa studi menunjukkan bahwa atlit yang mengkonsumsi madu sebelum dan sesudah aktivitas olahraga memulihkan stamina lebih cepat daripada atlit yang tidak mengkonsumsi madu sama sekali. Setelah mengetahui manfaat yang ada pada madu, sebaiknya kita perlu juga mengkonsumsi madu demi kesehatan tubuh kita. 

Namun perlu diingat, madu yang dikonsumsi harus alami. Madu yang dijual dalam kemasan tidak sama manfaat kesehatannya dengan madu yang langsung diambil dari sarang lebah. Mulailah untuk menambahkan sedikit madu pada makanan untuk mendapatkan manfaatnya.