Saat menumpang kendaraan, banyak orangmengalami pusing, keringat dingin, mual, muntah dan kelelahan. Ini adalahgejala mabuk perjalanan yang disebabkan kacaunya sistem saraf yangmendeteksi gerakan tubuh. Ketika tubuh kita bergerak secara alami, sistem sarafakan terkoordinasi dengan baik. Namun ketika tubuh kita bergerak menggunakan alattransportasi, sistem saraf ini mengirim pesan yang bertentangan keotak. 


Perjalanan bisa berubah jadi menyebalkan saat Andamengalami mabuk di kendaraan. Misalnya saat kita berada di dalam kabin kapalyang sedang bergerak. Saraf di bagian dalam telinga akan mendeteksi gerakangelombang laut, tetapi mata kita tidak. Jika terjadi dalam waktu lama, tubuhakan mengalami ganguan mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan pastinya sangat menganggukenikmatan berwisata. Tetapi bagi mereka yang rentan dengan gejala ini, adabeberapa cara sederhana untuk mencegahnya.

Perhatikan asupan makanan
Anda harus mengkonsumsi makanan dalam jumlahcukup sebelum berangkat. Tetapi hindari menyantap makanan besar karena perutyang penuh membuat Anda gampang mual dan muntah. Minuman beralkohol sertamakanan yang berbumbu keras sebaiknya juga dihindari karena bisa menyebabkangangguan lambung.

Nikmati pemandangan
Selain membuat Anda lebih santai, menikmatipemandangan dari jendela kendaraan akan mengirim sinyal ke otak bahwa tubuhAnda sedang bergerak. Fokuskan pandangan pada objek-objek yang jauh untukmengurangi pesan simpang-siur yang terkirim ke otak dari lingkungan.Jika memungkinkan, buka jendela kendaraan sehingga hembusan angin bisa menerpawajah Anda. Dengan cara ini, saraf-saraf di kulit akan menerima pesan bahwatubuh Anda sedang bergerak.

Pilih bagian yang paling stabil
Posisi tempat duduk yang banyakmengalami goncangan membuat kita gampang mabuk. Kalau Anda naik mobil atau bus,hindari kursi-kursi di bagian belakang karena posisi ini sering mengalamigoncangan keras. Saat naik pesawat terbang, cobalah pilih tempat duduk yangberada di dekat sayap pesawat karena bagian ini paling stabil. Sedangkan untukkapal laut, dek-dek di bagian atas adalah bagian yang paling sedikit merasakangoncangan gelombang laut.

Pilih kursi yang menghadap ke depan
Orang yang gampang mabuk akan langsungpusing jika posisi tempat duduknya berlawanan arah dengan laju kendaraan.Kereta api adalah alat transportasi yang paling banyak memiliki tempat dudukdengan posisi seperti ini. Saat membeli tiket kereta, usahakan pilih tempatduduk yang menghadap ke depan supaya tubuh Anda lebih nyaman.

Minum obat antimabuk
Meminum obat antimabuk bisa mengurangirasa mual dan pusing. Tapi Anda harus berhati-hati karena obat antimabuk yangberedar biasanya menyebabkan kantuk. Karena itu, jangan coba-coba meminum obatantimabuk saat Anda harus menyetir kendaraan. Saat naik kendaraan umum,sebaiknya Anda juga membatasi konsumsi obat membuat Anda kurang waspadaterhadap ancaman kejahatan. 

Kunyah permen jahe atau mint
Cara ini adalah alternatif yang paling tepatkalau Anda tidak mau meminum obat. Permen beraroma jahe atau mint bisamengurangi mual dan mencegah muntah. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsitablet dan minuman jahe instan yang saat ini mudah ditemukan di pasaran.

Gerakkan tubuh
Otot yang kaku membuat Anda lebih mudahterkena gejala mabuk perjalanan. Cobalah lakukan senam ringan di kursiuntuk meregangkan otot-otot yang kaku. Anda bisa menundukkan badansampai kepala menyentuh lutut. Gerakan ini bisa membuat darah mengalir ke kepalasehingga mengurangi pusing.

Jangan membaca
Membaca dalam kendaraan yang sedang bergerakmenyebabkan gangguan reseptor otot sehingga Anda menjadi pusing. Daripadamembaca, sebaiknya Anda mendengarkan musik berirama lembut sehingga tubuhmenjadi lebih santai.

1 comment :

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"