Mengelilingi bumi dengan menggunakan perahu layar memang membahayakan. Banyak yang gagal melakukannya karena di tengah jalan terserang badai. Karena itu jika ada orang yang berani berlayar sendirian mengelilingi bumi, pasti dia adalah seorang pemberani sejati. 


Ternyata ada juga remaja yang berani melakukan itu. Remaja belia tersebut adalah Jesse Martin (Australia) yang pada 31 Oktober 1999, ia berhasil memecahkan rekor dunia sebagai pelaut termudayang berhasil mengelilingi bumi menggunakan kapal layar sendirian tanpa bantuan. Ia membukukan prestasi besar itu saat usianya 18 tahun. 

Ia sebenarnya lebih tua 24 hari dari pemegang rekor lama, David Dicks (AS), namun Dicks melakukannya dengan mendapat bantuan. Saat itu badai mengganggunya sehingga layar Dicks rusak. Untuk memperbaikinya ia membutuhkan baut yang ia peroleh di sekitar Falkland Islands, di Samudra Atlantik Selatan. Karena menggunakan baut dari pihak lain, Dicks gagal memenuhi kategori sebagai pelaut termuda yang berhasil mengelilingi bumi sendirian tanpa bantuan. 


Sedangkan Jesse sama sekali tak mendapat bantuan meski melakukan pelayarannya lebih lama, yaitu 327 hari dibanding Dicks selama 265 hari yang berakhir pada 17 November 1996. Jesse melakukan pelayarannya menggunakan kapal layar dengan panjang 10 meter bernama Lionheart. Ia memulai pelayarannya dari Port Phillip Bay, Victoria, Australia, pada 9 Desember 1998. Saat itu usianya masih 17 tahun lebih empat bulan karena Jesse kelahiran 26 Agustus 1981. Selama 327 hari ia mengelilingi bumi dan kembali tiba di pelabuhan itu saat usianya 18 tahun lebih 66 hari. 
   
Pencatatan rekor dunia termuda sebenarnya sudah dihapuskan pada saat Jesse Martin melakukan pelayarannya. Akan tetapi meski The World Sailing Speed Record Council (WSSRC)--lembaga yang mengesahkan rekor-rekor itu--sudah tak mengakui rekor-rekor termuda untuk kategori "Youngest non stop, singlehanded, circumnavigation", hingga kini Jesse Martin dianggap sebagai pemegang rekor dunia untuk kategori itu.Dalam website WSSRC pun nama Jesse Martin tercatat sebagai pelaut termuda pemegang rekor kategori itu yang terakhir. 

Sumber  

2 comments :

  1. Wah, hebat sekali.. jarang sekali orang yang berhasil mengelilingi bumi dengan menggunakan perahu layar. Thx infonya

    ReplyDelete
  2. wah pemberani, dan punya skill maritim yang sangat tajam pemuda ini, walaupun buan berlayar denga yacht tapi dia bisa menaklukkan lautan

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"