Jika ingin terbebas dari rokok, namun masih saja tergoda untuk kembali menghisap cobalah untuk rutin melakukan joging. Olahraga dengan biaya murah ini diklaim mampu mengurangi keinginan untuk merokok jika dilakukan secara rutin.


Temuan tersebut terungkap dalam hasil sebuah penelitian di Universitas Exeter, Inggris, yang diterbitkan dalam jurnal Addiction, seperti yang diungkap di Reuters.

Dalam percobaan yang digunakan di penelitian itu, para perokok secara acak diminta untuk melakukan olahraga, baik jalan cepat atau bersepeda. Tidak ketinggalan beberapa jenis aktivitas pasif yang lain, seperti menonton video atau hanya duduk berdiam diri.

Secara keseluruhan, tim menemukan subyek penelitian mengaku memiliki keinginan yang lebih kecil untuk merokok setelah berolahraga dibandingkan dengan sebelumnya. Namun alasan mengapa itu terjadi belum terungkap.

Dari kesimpulan peneliti, olahraga dapat berfungsi sebagai pengalihan. Namun bagi Taylor, olahraga seperti joging bisa mencerahkan suasana hati seseorang sehingga mereka boleh jadi tidak merasa perlu untuk merokok hanya guna memperbaiki suasana hati.

"Tentu saja, olahraga tampaknya memiliki manfaat sementara, dan dengan demikian dapat sangat disarankan," kata Pemimpin Penelitian Adrian Taylor, seorang profesor psikologi kesehatan dan olahraga di Universitas Exeter.

2 comments :

  1. thx infonya .. bisa menambah pengetahuan !!

    ReplyDelete
  2. Terima kasih untuk tips mengurangi keinginan merokok dengan jogging ..

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"