Dunia yang kita tinggali ini menyimpan sejuta misteri di dalamnya. Siapa yang tahu bila sebenarnya dunia ini tidak hanya ditinggali oleh manusia saja. Mungkin JBers ada yang percaya pada adanya kehidupan alam lain yang dimana para penghuninya adalah roh-roh halus? Seperti contohnya beberapa bangunan misterius di dunia ini yang menunjukkan adanya kehidupan di alam lain. Yuk mari kita simak artikelnya.

1. Rumah Sakit Renwick di Pulau Roosevelt, Kota New York (Amerika)


Rumah sakit yang kini tak berpenghuni ini dahulunya digunakan untuk mengurung para imigran yang menderita penyakit mengerikan. Namun kini bangunan itu sedang dipugar kembali dengan biaya 4,5 juta dolar (sekitar Rp 43,2 miliar) agar dapat dibuka lagi bagi publik pada tahun 2013. Di dalam RS Renwick ini, sering nampak cahaya terang dan aktivitas pada malam hari, padahal rumah sakit ini sama sekali tidak berpenghuni.

2. Kapel Loretto, Santa Fe (New Meksiko)


Kapel yang berada di Meksiko ini sebenarnya mempunyai interior yang mewah. Dengan tangga spiral kayu dari gereja bergaya gothic, arsitekturnya yang menakjubkan. Anehnya lagi, tangga spiral ini dapat menghubungkan tempat paduan suara dengan tempat duduk di lantai dasar. Padahal di tengahnya tidak terdapat penyangga untuk menjaga kestabilan. Selain itu, tangga ini hanya menggunakan pasak kayu, bukan paku! Legenda mengatakan bahwa seorang tukang kayu tak bernama membuat tangga tersebut pada tahun 1878. Namun tukang kayu tersebut kemudian menghilang tanpa sempat dibayar. Di dekat gereja tersebut terdapat rumah seorang bangsawan yang dinamakan La Posada de Santa Fe. Mansion tersebut terdiri atas 3 lantai bergaya Victoria yang diubah menjadi hotel berseni. Kamar nomor 100 sebelumnya dihuni oleh pemilik hotel itu, yaitu Julia Staab. Menurut cerita, rohnya masih bergentayangan menghantui tempat tersebut.

3. Kamp Berlian Kolmanskop di Skelton Coast (Namibia)


Suku Bushmen (suku di Afrika) menyebut tempat ini sebagai “tempat yang diciptakan saat Tuhan murka.” Sementara orang Portugis menyebutnya sebagai “Gerbang Neraka.” Kondisi kamp berlian Kolmanskop ini dipenuhi oleh lebih dari 1.000 bangkai kapal dan bekas kamp penambang berlian yang ditingalkan. Penambang berlian konon menghantui Minenvewalter, rumah seorang manajer pertambangan di tengah Kolmanskop. Tengkorak para penambang ini ternyata menunjukkan adanya luka akibat kapak. Tengkorak-tengkorak yang tergeletak ini ditemukan di sana pada tahun 1960-an.

4. Sakara Brae di Kepulauan Orkney (Skotlandia)


Desa Orcadian yang besar dan misterius di wilayah Bay of Skaill ini merupakan daerah orang Pict. Bila diselidiki, situs ini merupakan situs peninggalan manusia zaman pra-Celtic di Eropa. Situs berusia 5.000 tahun ini lebih tua dibandingkan piramida Mesir. Hebatnya lagi, meskipun desa itu telah ditinggalkan ribuan tahun yang lalu, bangunan di Skara Brae masih kokoh. Arkeolog tidak tahu mengapa penduduknya meninggalkan tempat tersebut. Namun banyak teori yang menyatakan bahwa tempat itu ditinggalkan karena suatu bencana alam yang dahsyat.

5. Mansion Woodchester di Cotswolds (Inggris)


Di atas mansion ini terdapat patung batu gargoyle. Rumah bangsawan Inggris ini bergaya neo-Gothic abad ke-19. Bangunan ini dihiasi dengan menara kecil dan dibangun dari batu khas Cotswold berwarna madu. Bangunan tersebut ditinggalkan saat sedang dalam pembangunan pada tahun 1873. Konon bangunan tersebut ditinggalkan setelah pemiliknya, seorang penganut Katolik yang taat, meninggal. Selama Perang Dunia II, rumah itu digunakan sebagai tempat penyimpanan jenazah sementara pasukan Sekutu. Ada beberapa kesaksian yang mengatakan bahwa ada hantu berseragam militer dan suara musik 1940-an yang bergema di lorongnya.

6. Therme Vals di Vals (Switzerland)


Situs ini merupakan tempat pemandian air panas. Perancangnya adalah seorang peraih penghargaan Pritzker bernama Peter Zumthor. Pemandian air panas ini dibangun di atas ketinggian Pegunungan Alpen Swiss. Letaknya adalah di ujung jalan terminal wilayah Canton Graubünden. Lapisan Valser dari batuan kuarsa menciptakan labirin air yang menunjukkan desain minimalis dan seakan-akan seperti tempat industri. Walaupun demikian, tempat ini tetap terlihat menakutkan karena dapat diakses melalui sebuah terowongan sempit dan menimbulkan gema dari orang yang mandi. Bunyi-bunyian yang ditimbulkan menciptakan pengalaman mistis yang benar-benar menyeramkan.

7. Yaxchilan di Chiapas (Meksiko)


Situs ini sudah berdiri sejak abad ke-4. Yaxchilan sendiri terletak di sepanjang Sungai Usumacinta di perbatasan Guatemala. Sungai ini terbungkus dengan tanaman merambat serta jeritan monyet yang bergema di dalamnya. Situs ini sendiri sebenarnya merupakan salah satu tempat wisata yang dilarang dikunjungi oleh turis layaknya beberapa reruntuhan kuno yang ada di Meksiko. Konon katanya Yaxchilan ditinggalkan secara misterius pada abad ke-9.

8. Mercusuar Rubjerg Knude di Hjørring (Denmark)


Mercusuar ini terletak di wilayah terpencil yang disebut dengan Lonstrup Klint (tebing). Konon katanya menara berhantu itu dibangun pada abad ke-19. Sayangnya mercusuar ini ditinggalkan pada tahun 1968 setelah pasir dan laut mulai menelannya. Mercusuar setinggi 24 meter ini diperkirakan akan runtuh akibat pergeseran pasir dan erosi pantai dalam beberapa puluh tahun ke depan. Yang membuatnya mistis adalah bangunan ini mulai tenggelam secara perlahan-lahan ditelan oleh pasir. Membuat kita bertanya-tanya ada apa di bawahnya?

9. San Juan Parangaricutiro di Michoacán (Meksiko)


Pada tahun 1943, sebuah negara bagian bernama Michoacán tenggelam oleh lahar yang disemburkan melalui letusan gunung berapi di Meksiko. Sehingga Michoacán ditutupi oleh lahar ketika itu. Tentu saja dengan letusan gunung berapi sehebat itu, sebuah desa San Juan Parangaricutiro dan Paricutín tenggelam di bawah lapisan lahar hitam yang tebal. Namun anehnya, ada sebuah gereja yang masih utuh berdiri di sana. Salib di puncak menara lonceng gereja San Juan Parangaricutiro masih bertahan dari serangan lahar! Selain itu, altar gereja di bagian ujung gereja juga masih utuh. Padahal seluruh negara bagian Michoacán telah terkubur oleh lahar.

10. Puri Coral di Homestead, Florida (Amerika)


Puri ini terbuat dari 1100 ton batu kapur yang lebih besar daripada batu-batu yang ada di Stonehenge. Puri ini terletak tepat di sebelah selatan Miami. Perancang sekaligus pembangun puri ini adalah Edward Leedskalnin. Edward yang merupakan imigran Latvia yang kurus mendirikannya pada tahun 1923-1951. Bangunan ini dibuatnya untuk dijadikan kediamannya sekaligus penghormatan terhadap kekasihnya, yang meninggalkannya pada malam sebelum pernikahan mereka. Pria yang ditolak cintanya tersebut mengaku bahwa dia mengetahui rahasia konstruksi piramida. Hebatnya lagi, bangunan itu tidak menggunakan semen sama sekali. Susunannya pun benar-benar tepat, padahal keseimbangan bangunan itu bertentangan dengan hukum fisika dan sempat membuat para ilmuwan penasaran selama beberapa dekade. Mungkinkah Edward memakai ilmu gaib atau sejenisnya untuk membangunnya?

3 comments :

  1. bisa jadi tempat wisata sih tapi agak horor .. thx deh infonya

    ReplyDelete
  2. Terima kasih telah berbagi info, tentang 10 bangunan paling misterius di dunia

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"