Umumnya, batu adalah benda padat yang tebuat secara alami dari mineral-mineral di alam. Ujudnya keras dan terbentuk dalam kurun waktu tertentu. Maka menjadi aneh, bila ternyata ada batu yang bisa bertumbuh jadi besar. Di bumi ini, batu yang dimaksud dinamakan Trovant.


Trovant bisa ditemukan di sebuah desa kecil di Rumania, Costesti. Kata trovant berarti "batuan pasir yang mengeras". Kemungkinan sinonim dari kata Sandsteinkonkretionen dalam bahasa Jerman.

Bagaimana trovant bisa terjadi? Batu-batu ini muncul di bumi setelah terjadi aktivitas seismik yang kuat, dengan bentuk menyerupai bola pasir. Uniknya, trovant akan terus tumbuh ketika mereka terkena air. Jadi, ketika permukaannya basah, mineral itu mulai menyebar, dan menekan pasir hingga tampak membesar.

Trovant berukuran enam sampai delapan milimeter lalu bisa tumbuh sampai sepuluh meter. Hebatnya lagi, beberapa dari mereka bahkan bisa bergerak sendiri. Ada banyak teori ilmiah yang menjelaskan asal dan perilaku aneh dari Trovant. Namun, para ilmuwan percaya bahwa batu-batu itu mengandung kandungan mineral yang tinggi.

source : www.apakabardunia.com

4 comments :

  1. Terima kasih gan atas infonya .. semoga bermanfaat untuk kami

    ReplyDelete
  2. waaahh.. aneh sekali batu bisa tumbuh sebesar itu ya?

    ReplyDelete

BLOG INI DOFOLLOW
Berikanlah sedikit komentar anda maka anda juga memperoleh keuntungan, tapi jangan Nyepam. Thanks

"Tidak Ada Moderasi"